KREATIVITAS METODE PEMBELAJARAN GURU PAI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMP ISLAM AL-BADAR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

DEVIAN NATALIA, 1721143108 (2018) KREATIVITAS METODE PEMBELAJARAN GURU PAI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMP ISLAM AL-BADAR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (487kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Metode Pembelajaran Guru PAI untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMP Islam Al-Badar Kedungwaru Tulungagung ” ini ditulis oleh Devian Natalia, NIM. 17211431 08, Dosen pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.Ag., NIP. 19740408 200710 1 003. Kata kunci: Kreativitas Metode Pembelajaran, Minat Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kreativitas penggunaan metode pembelajaran oleh guru PAI saat pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreatifitas metode pembelajaran guru PAI dalam menggunakan metode belajar demonstrasi untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMP Islam Al-Badar Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana kreatifitas metode pembelajaran guru PAI dalam menggunakan metode belajar problem solving untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMP Islam Al-Badar Kedungwaru Tulungagung? (3) Bagaimana kreatifitas metode pembelajaran guru PAI dalam menggunakan metode belajar diskusi untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMP Islam Al-Badar Kedungwaru Tulungagung? Manfaat penelitian ini bagi IAIN Tulungagung diharapkan bisa digunakan sebagai pustaka bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengkaji tentang kreativitas metode pembelajaran guru pai dalam meningkatkan minat belajar siswa. Bagi peneliti sebagai bahan latihan dalam penulisan ilmiah sekaligus memberikan tambahan khazanah pemikiran konsep pendidikan Islam. Bagi lembaga SMP Islam Al-Badar Kedungwaru Tulungagung diharapkan berguna sebagai bahan masukan untuk meningkatkan kreativitas metode pembelajaran guru PAI agar minat belajar siswa semakin meningkat. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan hasil penelitian dapat dijadikan tambahan referensi dan dapat melakukan penelitian yang lebih sempurna. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Sumber data yang digunakan berupa sumber data primer dan sumber data skunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi partisipan, wawancara semiterstruktur serta dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data Miles dan Hubermen yang meliputi reduksi data (data reduction), paparan data (data display), dan penarikan kesimpulan/verfikasi (conclusion drawing/verification). Pengecekan keabsahan temuan dengan perpanjangan keikutsertaan, triangluasi sumber dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian : (1) Kreatifitas metode pembelajaran guru PAI dalam menggunakan metode belajar demonstrasi untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah dengan menggunakan metode demonstrasi siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Siswa tidak mudah merasa jenuh dan lebih mudah memahami materi yang di berikan. (2) Kreatifitas metode pembelajaran guru PAI dalam menggunakan metode belajar problem solving untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah dengan adanya metode problem solving siswa lebih belajar untuk berfikir kritis, memahami permasalahan yang ada, dan belajar untuk mencaritahu informasi lebih banyak lagi. Siswa tidak mudah mengantuk karena pikiran terfokus pada permasalahan yang ada. (3) Kreatifitas metode pembelajaran guru PAI dalam menggunakan metode belajar diskusi untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah siswa menjadi aktif dan mempelajari isi materi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143108 DEVIAN NATALIA
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:33
Last Modified: 06 Aug 2018 04:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8716

Actions (login required)

View Item View Item