STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN TILAWAH AL-QUR’AN DI LEMBAGA PENGEMBANGAN TILAWAH AL-QUR’AN (LPTQ) KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG

SYAI’IN KODIR, 1721143393 (2018) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN TILAWAH AL-QUR’AN DI LEMBAGA PENGEMBANGAN TILAWAH AL-QUR’AN (LPTQ) KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Pembelajaran Tilawah Al-Qur’an di LPTQ Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung”, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.ini ditulis oleh:Syai’inkodir, 2016, NIM : 1721143393 Dosen Pembimbing Drs. H. Muh. Kharis M.Pd Kata Kunci : Strategi, Tilawah, Al-Qur’an Dalam skripsi ini penelitian dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa peran seorang pendidik itu sangat penting bagi keberhasilan peserta didik dalam memahami pelajaran yang disampaikan. Pada saat mendidik peserta didik, Pendidik yang memegang kendali pada proses pembelajaran. Akan dibawa ke mana peserta didik juga tergantung dari peran pendidik. Pendidik yang menciptakan suasana dalam ruang kelas semenarik mungkin sehingga materi yang disampaikan dapat diterima dan diamalkan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Kedekatan antara pendidik dan peserta didik juga turut mempengaruhi keberhasilan peserta didik dalam menangkap materi yang disampaikan. Dalam hal ini peneliti menjelasakan pelaksanaan praktikum baca tulis Al Qur’an dengan pembimbing mentor dari mahasiswa di IAIN Tuluangagung. Berdasarkan latar belakang seperti diatas, Fokus dalam penelitian ini adalah(1) Bagaimana strategi pembelajaran tilāwah al-Qur’an dalam bidang tajwīd di LPTQ Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung ,(2) Bagaimana strategi pembelajaran tilāwah al-Qur’an dalam bidang lagu (غنم) di LPTQ Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung ,(3) Bagaimana strategi pembelajaran tilāwah al-Qur’an dalam bidang suara di LPTQ Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana Strategi guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran Tilawah Al-Qur’an. Untuk memahami dan mendeskripsikan strategi pembelajaran tilāwah al-Qur’an dalam bidang tajwīd ,Untuk memahami dan mendeskripsikan strategi pembelajaran tilāwah al-Qur’an dalam bidang lagu (غنم) ,Untuk memahami dan mendeskripsikan strategi pembelajaran tilāwah al-Qur’an dalam bidang suara di LPTQ Skripsi ini bermanfaat bagi LPTQ sebagai wacana dan pengembangan keilmuan tentang meningkatkan strategi pembelajaran Tilawah Al-Qur’an.Bagi masyarakat umumsebagai informasi dan bahan pertimbangan dalam pembelajaran Tilawah Al-Qur’an.Bagi IAIN Tulungagung Sebagai tambahan khazanah keilmuan dan wawasan mendalam tentang Setrategi Guru.Bagi Peneliti/Pembaca, penelitian ini dapat menambah khasanah pengetahuan dan pemikiran,Dapat menambah wawasan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajekan pengamat, triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi metode), dan pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian: (1) strategi PAI pembelajaran tilāwah al-Qur’an dalam bidang tajwīd yaitu Pertama Mengenal huruf hijaiyah sekaligus menetapkan mahkrojnya dan yang dua Mengucapakan kharokat fathah,kasroh,dhomah,tasdhid dan sukun sampai dengan sempurna dan yang ketiga Menerapkan hukum-hukum bacaan al-Qur’an dengan benar (2) strategi PAI pembelajaran tilāwah al-Qur’an dalam bidang lagu (غنم) yaitu pertama Mengenal cirri-ciri lagu yang kedua Menirukan lagu-lagu sesuai kemampuan (3) strategi PAI pembelajaran tilāwah al-Qur’an dalam bidang suara yaitu Suara merdu ,Suara sambung,Suara kasar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143393 SYAI’IN KODIR
Date Deposited: 13 Aug 2018 03:17
Last Modified: 13 Aug 2018 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8727

Actions (login required)

View Item View Item