VICKI NAVIATUZZAHRO’, 1725143301 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MI AL-ISHLAH TIUDAN GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (695kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (495kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (326kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (408kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (413kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (682kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (170kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Vicki Naviatuzzahro’, 1725143301, Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik MI Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag Kata Kunci: Student Team Achievement Divisions, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik karena sebagian besar guru ketika mengajar sering menggunakan model pembelajaran konvensional atau ceramah, sehingga peserta didik masih cenderung kurang aktif dan kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Sehingga peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions yang mana model tersebut merupakan model pembelajaran berkelompok untuk mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Adakah pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Divisions terhadap motivasi belajar peserta didik MI Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Divisions terhadap hasil belajar peserta didik MI Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Divisions terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik MI Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Divisions terhadap motivasi belajar peserta didik MI Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Divisions terhadap hasil belajar peserta didik MI Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Divisions terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik MI Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu, teknik sampling menggunakan teknik pertimbangan (purposive sampling). Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik di MI Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas III-A dan kelas III-B MI Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t-test dan uji manova, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil uji t-test angket motivasi diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3.760 > 2.021 dan nilai Sig < 0.05 yaitu 0.001 < 0.05, sehingga ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran STAD terhadap motivasi belajar peserta didik MI Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung pada matapelajaran SKI di kelas III, (2) Hasil uji ttest post test diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3.544 > 2.021 dan nilai Sig < 0.05 yaitu 0.001 < 0.05, sehingga ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar peserta didik MI Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung pada matapelajaran SKI di kelas III, (3) Hasil uji manova angket motivasi dan post test diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,001 < 0,05 sehingga ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran STAD terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik MI Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung pada matapelajaran SKI di kelas III.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143301 VICKI NAVIATUZZAHRO’ |
Date Deposited: | 06 Aug 2018 03:17 |
Last Modified: | 06 Aug 2018 03:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8732 |
Actions (login required)
View Item |