CINDY APRILIANI, 1721143096 (2018) PENGARUH KEMAMPUAN BENTUK KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (466kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (402kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (512kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (723kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (509kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kemampuan Bentuk Komunikasi Guru dalam Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Cindy Apriliani (1721143096) Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, M.A Kata kunci: Kemampuan Guru, Bentuk Komunikasi dan Minat Belajar Komunikasi, menyelenggarakan proses belajar mengajar dengan membangun pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan. Melalui komunikasi, guru sebagai sumber informasi, dalam hal ini materi pembelajaran menggunakan simbol-simbol baik lisan, tulisan, dan bahasa nonverbal. Salah satu faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran adalah minat belajar. Dalam hal ini peneliti menganalisa bentuk kemampuan komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal guru. Karena, bentuk komunikasi verbal dan bentuk komunikasi nonverbal dirasa memiliki peran penting dalam memengaruhi minat belajar siswa di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh kemampuan bentuk komunikasi verbal guru dalam pembelajaran terhadap minat belajar siswa di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung? (2) Adakah pengaruh kemampuan bentuk komunikasi nonverbal guru dalam pembelajaran terhadap minat belajar siswa di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung? (3) Adakah pengaruh kemampuan bentuk komunikasi verbal dan nonverbal guru dalam pembelajaran secara bersama-sama terhadap minat belajar siswa di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung? Pendekatan penelitian yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian korelasional dengan variabel terikatnya adalah minat belajar siswa dan variabel bebasnya adalah bentuk komunikasi verbal dan bentuk komunikasi nonverbal. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik random sampling. Metode analisis data penelitian ini menggunakan dua tahap yaitu analisis awal dan analisis akhir. Analisis awal berupa uji normalitas dan uji linieritas. Sedangkan analisis akhir menggunakan analisis regresi ganda. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa thitung > ttabel (2,109 > 1,998) dengan taraf signifikansi 0,039 < 0,05, sehingga Ha diterima, yakni ada pengaruh signifikan antara kemampuan bentuk komunikasi verbal guru dalam pembelajaran terhadap minat belajar di SMPN 2 Sumbergempol. Selanjutnya thitung > ttabel (2,359 > 1,998) dengan taraf signifikansi 0,021 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan Ha diterima, yakni ada pengaruh signifikan antara kemampuan bentuk komunikasi nonverbal guru dalam pembelajaran terhadap minat belajar siswa di SMPN 2 Sumbergempol. Yang terakhir Fhitung = 4,447 > Ftabel = 3,150 dengan taraf signifikansi 0,039 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan Ha diterima, yakni ada pengaruh signifikan antara kemampuan bentuk komunikasi verbal dan nonverbal guru dalam pembelajaran secara bersama-sama terhadap minat belajar siswa di SMPN 02 Sumbergempol.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143096 CINDY APRILIANI |
Date Deposited: | 06 Aug 2018 03:55 |
Last Modified: | 06 Aug 2018 03:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8735 |
Actions (login required)
View Item |