UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS [STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 TULUNGAGUNG]

ESTIKO RESNANDA, 1721143134 (2018) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS [STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 TULUNGAGUNG]. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (471kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (113kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Belajar pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis [Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Tulungagung]” ini ditulis oleh Estiko Resnanda, NIM. 1721143134, pembimbing Drs. H. Ali Rohmad, M. Ag. Kata Kunci : Upaya Guru, Meningkatkan, Keaktifan Siswa Belajar, Al Quran Hadis. Fokus penelitian: (1) Bagaimana kiat-kiat yang ditempuh oleh guru dalam meningkatkan keaktifan siswa belajar pada mata pelajaran Al-Qur’ān Hadīs di MTsN 4 Tulungagung? (2) Bagaimana implikasi dari kiat-kiat yang ditempuh oleh guru terhadap peningkatan keaktifan siswa belajar pada mata pelajaran Al-Qur’ān Hadīs di MTsN 4 Tulungagung? Metode Penelitian: pendekatan kualitatif dengan paradigma fenomenologi; rancangan studi kasus; penulis bertindak sebagai pengumpul data dan sekaligus sebagai instrumen kunci dalam mengumpulkan data-data di lapangan dengan menerapkan metode observasi-partisipan, dokumentasi, dan wawancara-mendalam; penulis hadir di lokasi penelitian sejak hari Senin 27 Nopember 2017; sumber data: informan, peristiwa, dokumen; data: Ringkasan Data; prosedur analisis data: reduksi data, penyajian data, verifikasi; pengecekan keabsahan data: perpanjangan keikut-sertaan, keajegan pengamatan, triangulasi (sumber, metode, waktu), pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian: 1. Kiat-Kiat yang di Tempuh oleh Guru dalam Meningkatan Keaktifan Siswa Belajar pada Mata Pelajaran Al-Qur’ān Hadīs di MTsN 4 Tulungagung: a. Penerapan peran guru dalam meningkatkan keaktifan siswa diantaranya guru sebagai pembimbing, motivator; dan juga fasilitator. b. Penerapan pembelajaran yang bervariasi diantaranya menggunakan: (1) metode diskusi; (2) studi kasus; (3) pemberian tugas; (4) kuis/game; (5) tanya jawab yakni menunjuk siswa agar mau bertanya/mengemukakan pendapatnya; dan (6) hafalan. c. Cara guru mengatasi siswa yang pasif dalam pembelajaran antara lain: (1) pemberian motivasi; (2) pemberian arahan/cita-cita; dilakukan agar siswa memiliki kemauan untuk belajar; (3) adanya korelasi yang baik antara guru dan siswa agar guru dapat mengetahui dan mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi setiap siswanya. d. Penyetaraan siswa dalam belajar dengan cara menjadikan siswa yang berkemampuan rendah dan tinggi menjadi satu kelompok. e. Menggunakan pendekatan secara individu. Ini terlihat guru melakukan pendekatan kepada masing-masing siswa. f. Pemberian apresiasi kepada siswa yang dapat berperan aktif dalam pembelajaran yakni dengan (1) pemberian pujian; (2) pemberian nilai (reward). g. Penggunaan sumber belajar yang beragam guna menunjang pembelajaran al Quran hadis baik di dalam kelas maupun di luar kelas diantaranya dengan menggunakan internet, koran maupun poster. h. Penggunaan sarana dan prasarana yang memadai dalam peningkatan keaktifan siswa belajar yakni teridentifikasi diantaranya; (1) media berupa lcd, terlihat sudah adanya di kelas unggulan, di kelas reguler ada namun masih disediakan di kantor; (2) masjid yang mumpuni yakni disediakannya al quran juga jilid untuk menunjang pelajaran al quran hadis; (3) perpustakaan sekolah, sudah menyediakan buku-buku yang mendukung pelajaran al quran hadis. i. Pembinaan program yang mendukung pelajaran al Quran Hadis yakni pembinaan membaca al Quran di MTsN 4 Tulungagung. 2. Implikasi dari Kiat-Kiat yang Ditempuh oleh Guru terhadap Peningkatan Keaktifan Siswa Belajar pada Mata Pelajaran Al-Qur’ān Hadīs di MTsN 4 Tulungagung: a. Implikasi dari kiat-kiat yang ditempuh oleh guru terhadap peningkatkan keaktifan siswa belajar dari sudut pandang pisik pada mata pelajaran Al-Qur’ān Hadīs yakni melatih siswa untuk bergerak aktif dalam kegiatan belajar mengajar, adanya respon siswa seperti bertanya, menanggapi, mengajukan pendapat semakin meningkat, dan akhlak siswa menjadi lebih baik. b. Implikasi dari kiat-kiat yang ditempuh oleh guru terhadap peningkatkan keaktifan siswa belajar dari sudut pandang psikis pada mata pelajaran Al-Qur’ān Hadīs yakni adalah (1) menuntut siswa untuk berpikir; (2) menuntut siswa untuk mengingat; (3) menumbuhkan kepercayaan diri; (4) memperkuat iman; (5) memotivasi diri agar dapat menghafal al Quran lebih banyak. c. Implikasi dari kiat-kiat yang ditempuh oleh guru terhadap peningkatkan keaktifan siswa belajar dari sudut pandang sosial pada mata pelajaran Al-Qur’ān Hadīs yakni adanya hubungan yang baik dengan Allah (hablumminallah) terlihat siswa akhlaknya yang semakin baik, ibadahnya juga meningkat; dan hubungan yang baik dengan sesama (hablumminannas) terlihat hubungan anatara guru dan siswa semakin baik dan juga hubungan siswa dengan siswa yang semakin akrab.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143134 ESTIKO RESNANDA
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:10
Last Modified: 06 Aug 2018 04:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8738

Actions (login required)

View Item View Item