FIRAHANGGI INWARI MEILINDA, 1721143147 (2018) KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DI SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (473kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (569kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (178kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (309kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (156kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (131kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru PAI dalam Menggunakan Metode Pembelajaran di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Firahanggi Inwari Meilinda, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM. 1721143147 Tahun 2018 dibimbing Drs. H. Muh. Kharis, M.Pd. Kata Kunci: Kreativitas, metode pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi oleh kreatifitas guru yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran, karena dengan kreatifitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran sehingga akan membuat proses pembelajaran semakin menarik dan menyenangkan. Jika proses pembelajaran menarik dan menyenangkan akan meningkatkan minat belajar siswa sehingga siswa semakin faham mengenai materi yang disampaikan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru PAI dalam menggunakan metode ceramah di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana kreativitas guru PAI dalam menggunakan metode diskusi di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung? (3)Bagaimana kreativitas guru PAI dalam menggunakan metode demonstrasi di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung?. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pembelajaran. Bagi guru di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung sebagai masukan informasi tentang metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran PAI. Bagi para siswa bahan kajian dan renungan siswa di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Bagi pembaca/peneliti lain sebagai bahan referensi dan masukan yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif, pendekatan kualitatif-deskriptif adalah penelitian yang menggambarkan kenyataan yang ada di lapangan dengan mengumpulkan data yang ada di lapangan. Dalam penelitian ini pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan wawancara, observasi atau pengamatan, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Kreativitas guru dalam menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung tergambar pada saat pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas. Bentuk kreativitas guru dalam penerapan metode ceramah yaitu dalam penyampaian materi guru membawakannya dengan santai namun dapat mencapai tujuan pembelajaran, menciptakan suasana kelas nyaman dan tidak menegangkan guru memancing siswa dengan pertanyaan sehingga siswa akan memberikan feedback dari materi yang disampaikan, siswa disuruh untuk membuat catatan penting terkait materi, memanfaatkan LCD proyektor, dan juga guru membuat cerita lucu. Dan guru memotivasi dan membiasakan anak untuk lebih rajin lagi membaca buku-buku PAI yang relefan dan menstimulus siswa untuk berpikir sehingga dari hasil berpikir anak itu dapat menghasilkan sebuah pertanyaan. (2) Kreativitas guru dalam menerapkan metode diskusi pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung tergambar pada saat pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas. Kreativitas yang ditunjukkan oleh guru pada usaha untuk memvariasi sebuah metode pembelajaran. Bentuk kreativitas seorang guru PAI ini yaitu memvariasi metode diskusi dengan menggunakan teknik snowball throwing dan take and give, memanfaatkan media LCD proyektor, Saat berdiskusi guru terkadang melontarkan lelucon dan cerita-cerita lucu, sehingga siswa tidak merasa jenuh saat diskusi. Pada metode diskusi ini, guru memberikan sebuah persoalan yang nantinya akan tumbuh berbagai pertanyaan dan siswa harus mampu menjawab. Dengan cara ini anak akan terbiasa untuk selalu berpikir untuk mendapatkan sebuah jawaban. (3) Kreativitas guru dalam menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Kedungwaru tergambar pada saat pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas. Bentuk kreativitas guru dalam penerapan metode demonstrasi yaitu siswa disuruh untuk melakukan demonstrasi sesuai dengan apa yang ia ketahui. Setelah itu memanfaatkan media audio visual berupa LCD proyektor yang mana dalam vidio itu menampilkan orang membaca Al-qur’an. Guru juga menugaskan siswa untuk mencatat atau menyimpulkan materi hari itu.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143147 FIRAHANGGI INWARI MEILINDA |
Date Deposited: | 06 Aug 2018 08:07 |
Last Modified: | 06 Aug 2018 08:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8750 |
Actions (login required)
View Item |