ASMAH SYAHRUNI, 1725143035 (2018) PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN EKSTRAKURIKULER DI MI HIDAYATUL ULUM DAYU BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (344kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Syahruni, Asmah. 1725143035. 2018. Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Ekstrakurikuler di MI Hidayatul Ulum Dayu Blitar. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Imu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Pembimbing: Musrikah, S.Pd.I, M.Pd Kata kunci: Kegiatan Ekstrakurikuler, Motivasi belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesibukan siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Siswa dituntut untuk maksimal dan berprestasi dalam kegiatan pembelajarannya, sementara siswa juga dituntut untuk profesional dalam setiap kegiatan ekstrakurikuler. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti menjadi tertarik untuk meneliti perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa berdasarkan jenis ekstrakurikuler yang diikuti khususnya pada kelas IV dan V di MI Hidayatul Ulum Dayu Blitar. Rumusan masalah pada skripsi ini adalah (1) adakah perbedaan terhadap motivasi belajar siswa berdasarkan ekstrakurikuler di MI Hidayatul Ulum Dayu Blitar? (2) adakah perbedaan terhadap hasil belajar siswa berdasarkan ekstrakurikuler di MI Hidayatul Ulum Dayu Blitar? (3) adakah perbedaan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa berdasarkan ekstrakurikuler di MI Hidayatul Ulum Dayu Blitar? adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa berdasarkan ekstrakurikuler di MI Hidayatul Ulum Dayu Blitar. (2) Untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa berdasarkan ekstrakurikuler di MI Hidayatul Ulum Dayu Blitar. (3) Untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa berdasarkan ekstrakurikuler di MI Hidayatul Ulum Dayu Blitar. Penelitian ini merupakan penelelitian Ex-Pastfacto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi berasal dari kelas IV dan V dan sampelnya adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Adapun samping yang digunakan dalam penelitian ini merupakan startified random sampling. Pengambilan data dalam penelitian ini yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Tes digunakan untuk melihat nilai motivasi belajar siswa dan dokumentasi untuk melihat nilai hasil belajar siswa. Kemudian dilihat rata-rata pada masing-masing nilai motivasi dan hasil belajar siswa yang kemudia akan dibandingkan antara ekstrakurikuler pramuka, drumband dan usmani. Uji yang digunakan dalam pengolahan data yaitu uji Anova 2 jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada nilai motivasi belajar siswa diperoleh hasil pramuka 0,982, drumband 0,912 dan usmani 0,903 > 0,05, sehingga hipotesis nol diterima. Dapat disimpulkan bahwa secara statistik tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa berdasarkan ekstrakurikuler. Sehingga Hipotesis alternatif yang berbunyi ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa berdasarkan ekstrakurikuler di MI Hidayatul Ulum Dayu Blitar ditolak. Pada hasil belajar siswa diperoleh hasil pramuka 0,073, drumband 0,180 dan usmani 0,180 > 0,05, sehingga hipotesis nol diterima. Dapat disimpulkan bahwa secara statistik tidak ada hubungan yang signifikan antara hasil belajar siswa berdasarkan ekstrakurikuler. Sehingga Hipotesis alternatif yang berbunyi ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar belajar siswa berdasarkan ekstrakurikuler di MI Hidayatul Ulum Dayu Blitar ditolak. Sedangkan untuk keseluruhan motivasi dan hasil belajar siswa diperoleh hasil pramuka 0,426, drumband 0,426, dan usmani 0,426 dan 0,145 > 0,05, sehingga hipotesis nol diterima. Dapat disimpulkan bahwa secara statistik tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi hasil belajar siswa berdasarkan ekstrakurikuler. Sehingga Hipotesis alternatif yang berbunyi ada perbedaan yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar siswa berdasarkan ekstrakurikuler di MI Hidayatul Ulum Dayu Blitar ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S.Pd 1725143035 Asmah Syahruni |
Date Deposited: | 07 Aug 2018 07:08 |
Last Modified: | 07 Aug 2018 07:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8778 |
Actions (login required)
View Item |