PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) DENGAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKAPADA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII MTsN 8 TULUNGAGUNG

NITA HIDAYATUL KARFIZA, 1724143184 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) DENGAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKAPADA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII MTsN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) dengan Pendekatan Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII MTs Negeri 8 Tulungagung”, yang ditulis oleh Nita Hidayatul Karfiza, NIM, 1724143184, yang dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Penemuan Terbimbing (Guided Discovery), Creative Problem Solving (CPS) Suatu masalah dalam pembelajaran matematika memuat situasi yang mendorong siswa untuk menyelesaikanya, akan tetapi tidak tahu secara langsung apa yang harus dikerjakan untuk menyelesaikan. Untuk memperoleh kemampuan pemecahan masalah siswa harus memiliki banyak pengalaman dalam menemukan cara untuk memecahan masalah. Dalam pemecahan masalah tersebut siswa akan diberikan suatu model pembelajaran dan pendekatan agar mampu memecahkan masalah dengan hasil yang maksimal. Dengan model temuan terbimbig mendorong keterlibatan siswa untuk memahami sebuah topik pelajaran yang dapat membantu mereka mendapatkan pemahaman tentang topik-topik yang jelas. Dengan pendekatan creative problem solving (CPS) adalah pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pengajaran dan ketrampilan pemecahan masalah, sehinga ketika siswa dihadapkan dengan masalah siswa dapat melakukan ketrampilan pemecahan masalah dengan mengembangkan ide-idenya dan memperluas proses berpikir. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery) dengan pendekatan creative problem solving (CPS) terhadap hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII MTs Negeri 8 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui besar pengaruh metode pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery) dengan pendekatan creative problem solving (CPS) terhadap hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII MTs Negeri 8 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen. Dengan jenis desain eksperimen menggunakan quasi experimental design atau eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, dokumentasi, observasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil hitung menunjukkan nilai thitung > ttabel yaitu 3,11 > 2,41413 pada taraf signifikan 5%. Kemudian berdasarkan perhitungan, kelas eksperimem mempunyai nilai rata-rata sebesar 84,45 atau µ1 =84,45 dan kelas control mempunyai nilai rata-rata sebesar 74,68 atau µ2 = 74,68. Karena µ1 > µ2 maka dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh metode pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery) dengan pendekatan creative problem solving (CPS) terhadap hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII MTs Negeri 8 Tulungagung. Besarnya pengaruh dari metode pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery) dengan pendekatan creative problem solving (CPS) terhadap hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII MTs Negeri 8 Tulungagung adalah 82% dan tergolong kuat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143184 NITA HIDAYATUL KARFIZA
Date Deposited: 08 Aug 2018 04:37
Last Modified: 08 Aug 2018 04:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8797

Actions (login required)

View Item View Item