SOMAH MANLUATUL MAGFIROH, 1721143388 (2018) IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MENINGKATKAN NILAI RELIGIUS SISWA DI SMK BAITUL ATIEQ BERBEK NGANJUK TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (344kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (134kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “implementasi metode pembiasaan dalam meningkatkan nilai religius siswa di SMK Baitul Atieq Bebek Nganjuk tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Somah Manluatul Magfiroh, NIM 1721143388, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2018, dosen pembimbing: Dr.H. Munardji, M.Ag, NIP 195412181986021001. Kata Kunci : metode pembiasaan, nilai religius Penelitian ini dilatar belakngi oleh Lembaga SMK Baitul Atieq Berbek Nganjuk yang menerapkan metode pembiasaan untuk siswa dalam rangka peningkatan nilai-nilai religius siswanya. Disini peneliti ingin mengatahui bagaimana implementasi metode pembiasaan dalam meningkatkan nilai religius siswa di SMK Baitul Atieq Berbek Nganjuk. Fokus penelitian: 1. Bagaimana implementasi metode pembiasaan dalam meningkatkan nilai religius siswa melalui sholat dhuha di SMK Baitul Atieq Berbek Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018?; 2. Bagaimana implementasi metode pembiasaan dalam meningkatkan nilai religius siswa melalui istighosahdi SMK Baitul Atieq Berbek Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018?; 3. Bagaimana implementasi metode pembiasaan dalam meningkatkan nilai religius siswa melalui sholat dhuhur berjama’ah di SMK Baitul Atieq Berbek Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018? Rancangan Penelitian: pendekatan: kualitatif, jenis penelitian: penelitian lapangan; lokasi penelitian: SMK Baitul Atieq Berbek Nganjuk; sumber data: person (orang), place (tempat), paper (kertas/dokumen); metode pengumpulan data: wawancara mendalam, observasi partisipan, dokumentasi; data hasil penelitian lapangan: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan; pengecekan keabsahan data: perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, pemeriksaan/pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian: 1. implementasi metode pembiasaan dalam meningkatkan nilai religius siswa melaui sholat sholat dhuha di SMK Baitul Atieq Berbek Nganjuk tahun ajaran 2017/2018: Pelaksanaan pembiasaan sholat dhuha sebagai sarana memperlancar rizki; Selama pelaksanaan pembiasaan sholat dhuha peran guru sebagai pembimbing;Metode yang diterapkan dalam pelaksanaan sholat dhuha adalah metode pembiasaan, selain itu juga menerapkan metode teladan, dan metode hukuman yang mendidik; Nilai-nilai indikator religius yang tampak pada siswa setelah melaksanakan pembiasaan sholat dhuha ini adalah disiplin tinggi dan keseimbangan. 2. implementasi metode pembiasaan dalam meningkatkan nilai religius siswa melaui istighosah di SMK Baitul Atieq Berbek Nganjuk tahun ajaran 2017/2018: Istighosah sebagai sarana berdo’a kepada allah dengan tujuan ilmu para siswa bermanfaat; dalam pembiasaan tersebut peran guru dalam pelaksanaan pembiasaan istighosah ini sebagai pembimbing dan motivator;Metode yang digunakan dalam pelaksanaan istighosah ini adalah metode pembiasaan selain itu juga menerapkan hukuman yang mendidik; Pembiasaan istighosah ini diakhiri dengan motivasi dari pembimbing/guru; Nilai-nilai indikator religius yang tampak pada siswa setelah melaksanakan pembiasaan istighosah ini adalah bermanfaat bagi orang lain, rendah diri dan visi kedepan. 3. implementasi metode pembiasaan dalam meningkatkan nilai religius siswa melaui sholat sholat dhuhur berjama’ah di SMK Baitul Atieq Berbek Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018: Sholat dhuhur merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan setiap muslim; Dalam pembiasaan sholat dhuhur ini peran guru sebagai pembimbing; Metode yang diterapkan dalam pelaksanaan ini adalah metode pembiasaan, selain itu juga menerapkan metode teladan dan metode hukuman yang mendidik; d. Indikator nilai religius siswa yang meningkat setelah melaksanakan pembiasaan sholat dhuhur ini adalah kejujuran dan keadilan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143388 SOMAH MANLUATUL MAGFIROH |
Date Deposited: | 08 Aug 2018 02:36 |
Last Modified: | 08 Aug 2018 02:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8812 |
Actions (login required)
View Item |