KREATIVITAS GURU FIQH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTsN PULOSARI TULUNGAGUNG

LUTFI NUR ANNISA, 1721143214 (2018) KREATIVITAS GURU FIQH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTsN PULOSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (732kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (248kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (688kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Kreativitas Guru Fiqh Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MTsN Pulosari Tulungagung” ini ditulis oleh Lutfi Nur Annisa, NIM 1721143214, Tahun 2018, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Hasil Belajar Siswa Konteks penelitian dalam skripsi ini adalah dengan adanya kemajuan teknologi, guru dituntut kreatif dalam memanfaatkannya, sehingga proses pembelajaran dapat menarik dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru fiqh dalam memanfaatkan sumber belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTsN Pulosari Tulungagung? (2) Bagaimana kreativitas guru fiqh dalam mongombinasikan metode pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTsN Pulosari Tulungagung? (3) Bagaimana kreativitas guru fiqh dalam menggunakan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTsN Pulosari Tulungagung? Metodologi penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, serta menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Hasil penelitiannya adalah (1) Kreativitas guru fiqh dalam memanfaatkan sumber belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTsN Pulosari Tulungagung yaitu dengan memanfaatkan buku paket fiqh sebagai sumber utama dan buku modul siswa sebagai penunjang buku paket, serta memanfatkan internet/wifi untuk browsing materi pelajaran. Untuk memaksimalkan penggunaan sumber belajar tersebut, guru menyesuaikannya dengan KI dan KD, dan memberi tugas – tugas kelompok atau individu kepada siswa. (2) Kreativitas guru fiqh dalam mongombinasikan metode pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTsN Pulosari Tulungagung yaitu mengombinasikan metode ceramah dengan tanya jawab, metode ceramah dengan media power point dan media peta konsep, metode ceramah dengan belanja soal, dan metode ceramah dengan snow bolling. Metode – metode tersebut dikombinasikan untuk menciptakan suasana belajar yang tidak membosankan, serta disesuaikan dengan materi yang diajarkan, dan situasi/kondisi kelas. (3) Kreativitas guru fiqh dalam menggunakan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTsN Pulosari Tulungagung yaitu menggunakan media peta konsep dan slide untuk menerangkan materi pelajaran, dan media ular tangga untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Dalam menggunakan media peta konsep dan slide , guru fiqh selalu membuat media tersebut dengan tampilan – tampilan yang menarik. Sedangkan dalam menggunakan media ular tangga, guru fiqh mempunyai kreativitas dalam membuat media ular tangga, menentukan kelompok, dan memberikan punishment

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: 1721143214 LUTFI NUR ANNISA
Date Deposited: 09 Aug 2018 03:23
Last Modified: 09 Aug 2018 03:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8835

Actions (login required)

View Item View Item