PROFIL METAKOGNISI DALAM PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA DI MTs NEGERI 8 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

NI’MATUL QORIYATI AGUSTINA, 1724143180 (2018) PROFIL METAKOGNISI DALAM PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA DI MTs NEGERI 8 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (882kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)

Abstract

ABSTRAK Agustina, Ni’matul Qoriyati. 1724143180, 2018. Profil Metakognisi Dalam Pemecahan Masalah Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa di MTsN 8 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: Dr. Muniri,M.Pd. Kata Kunci: Metakognisi, Pemecahan Masalah, Kemampuan Matematika Siswa. Metakognisi merupakan pengetahuan dan kesadaran siswa terhadap proses dan hasil berpikirnya sendiri. Kemampuan metakognisi dalam memecahkan masalah memiliki peranan penting terhadap prestasi siswa. Penggunaan metakognisi selama pembelajaran akan membantu siswa memperoleh pembelajaran yang bertahan lama dalam ingatan dan pemahaman siswa. Penggunaan metakognisi siswa akan sadar tentang proses berpikirnya dan mengevaluasi hasil dari proses berpikirnya akan memperkecil kesalahan siswa, sehingga siswa dapat menyusun strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana profil metakognisi dalam pemecahan masalah matematika siswa berkemampuan tinggi di MTs Negeri 8 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018, 2) Bagaimana profil metakognisi dalam pemecahan masalah matematika siswa berkemampuan sedang di MTs Negeri 8 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018 dan 3) Bagaimana profil metakognisi dalam pemecahan masalah matematika siswa berkemampuan rendah di MTs Negeri 8 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Mendiskripsikan profil metakognisi dalam pemecahan masalah matematika siswa berkemampuan tinggi di MTs Negeri 8 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018, 2) Mendiskripsikan profil metakognisi dalam pemecahan masalah matematika siswa berkemampuan sedang di MTs Negeri 8 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018 serta 3) Mendiskripsikan profil metakognisi dalam pemecahan masalah matematika siswa berkemampuan rendah di MTs Negeri 8 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 siswa yang mewakili kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan matematika, tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data penelitian ini terdiri dari pemberian soal pemecahan masalah dan wawancara. Tahap analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, pemaparan data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa berkemampuan tinggi menggunakan kemampuan metakognisi yaitu planning (rencana),monitoring (memantau) dan evaluation (evaluasi) pada setiap tahap pemecahan masalah, 2) Siswa berkemampuan sedang dalam memahami masalah melakukan planning (rencana) dan monitoring (memantau), dalam merencanakan penyelesaian melakukan planning (rencana), monitoring (memantau) dan evaluation (evaluasi), dalam melaksanakan rencana penyelesaian melakukan evaluation (evaluasi), dalam memeriksa kembali melakukan planning (rencana), monitoring (memantau) dan evaluation (evaluasi), Sedangkan 3) siswa berkemampuan rendah dalam memahami masalah melakukan monitoring (memantau), dalam merencanakan penyelesaian melakukan planning (rencana), dalam melaksanakan rencana penyelesaian melakukan monitoring (memantau), dan dalam memeriksa kembali melakukan evaluation (evaluasi).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143180 NI’MATUL QORIYATI AGUSTINA
Date Deposited: 10 Aug 2018 07:37
Last Modified: 10 Aug 2018 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8836

Actions (login required)

View Item View Item