PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA PESERTA DIDIK MI MIFTAHUN NAJAH SELOPURO BLITAR

AISYAH MADINA YAHYA, 1725143010 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA PESERTA DIDIK MI MIFTAHUN NAJAH SELOPURO BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (257kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (831kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Jawa Peserrta Didik MI Miftahun Najah Selopuro ” ini ditulis oleh Aisyah Madina Yahya, NIM. 1725143010, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati,S.Pd.,MM Kata Kunci: Make a Match, Motivasi, Hasil, Belajar, Bahasa, Jawa Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran Bahasa Jawa. Agar pembelajaran Bahasa Jawa yang menjadi muatan lokal di MI lebih bermakna bagi siswa sehingga mereka dapat mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam kehidupan sehari- hari, maka diperlukan penerapan model pembelajaran yang tepat agar siswa dapat aktif mengikuti pembelajaran dengan baik yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga lebih bermakna. Dewasa ini, model pembelajaran sangat beragam salah satunya make a match. Model pembelajaran yang mengajak siswa mencari jawaban terhadap suatu pertanyaan atau pasangan dari suatu konsep melalui suatu permainan kartu pasangan. Model pembelajaran make a match (mencari pasangan) merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Model pembelajaran make a match adalah pembelajaran menggunakan kartu-kartu. Kartu-kartu tersebut terdiri dari kartu yang berisi soal dan kartu yang lainnya berisi jawaban dari soal-soal tersebut. Siswa lebih berani mengungkapkan pendapat atau bertanya dengan siswa lain sehingga dapat melatih mental siswa untuk belajar bersama dan berdampingan, menekan kepentingan individu dan mengutamakan kepentingan kelompok. Kerja sama antar sesama siswa terwujud dengan dinamis serta suasana kegembiraan akan tumbuh dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar bahasa jawa peserta didik kelas IV MI Miftahun Najah Selopuro 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar Bahasa Jawa peserta didik kelas IV MI Miftahun Najah Selopuro, 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran make a match motivasi belajar dan hasil belajar Bahasa Jawa peserta didik kelas IV MI Miftahun Najah Selopuro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis desain penelitian adalah eksperimen semu. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: 1) Tes, 2) Kuesioner (angket), 3) Dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Miftahun Najah Selopuro dengan sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Miftahun Najah Selopuro Blitar yang terdiri dari kelas IV A sebanyak 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebanyak 18 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik uji MANOVA. ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Jawa Peserrta Didik MI Miftahun Najah Selopuro ” ini ditulis oleh Aisyah Madina Yahya, NIM. 1725143010, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati,S.Pd.,MM Kata Kunci: Make a Match, Motivasi, Hasil, Belajar, Bahasa, Jawa Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran Bahasa Jawa. Agar pembelajaran Bahasa Jawa yang menjadi muatan lokal di MI lebih bermakna bagi siswa sehingga mereka dapat mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam kehidupan sehari- hari, maka diperlukan penerapan model pembelajaran yang tepat agar siswa dapat aktif mengikuti pembelajaran dengan baik yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga lebih bermakna. Dewasa ini, model pembelajaran sangat beragam salah satunya make a match. Model pembelajaran yang mengajak siswa mencari jawaban terhadap suatu pertanyaan atau pasangan dari suatu konsep melalui suatu permainan kartu pasangan. Model pembelajaran make a match (mencari pasangan) merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Model pembelajaran make a match adalah pembelajaran menggunakan kartu-kartu. Kartu-kartu tersebut terdiri dari kartu yang berisi soal dan kartu yang lainnya berisi jawaban dari soal-soal tersebut. Siswa lebih berani mengungkapkan pendapat atau bertanya dengan siswa lain sehingga dapat melatih mental siswa untuk belajar bersama dan berdampingan, menekan kepentingan individu dan mengutamakan kepentingan kelompok. Kerja sama antar sesama siswa terwujud dengan dinamis serta suasana kegembiraan akan tumbuh dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar bahasa jawa peserta didik kelas IV MI Miftahun Najah Selopuro 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar Bahasa Jawa peserta didik kelas IV MI Miftahun Najah Selopuro, 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran make a match motivasi belajar dan hasil belajar Bahasa Jawa peserta didik kelas IV MI Miftahun Najah Selopuro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis desain penelitian adalah eksperimen semu. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: 1) Tes, 2) Kuesioner (angket), 3) Dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Miftahun Najah Selopuro dengan sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Miftahun Najah Selopuro Blitar yang terdiri dari kelas IV A sebanyak 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebanyak 18 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik uji MANOVA.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1725143010 AISYAH MADINA YAHYA
Date Deposited: 09 Aug 2018 06:45
Last Modified: 09 Aug 2018 06:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8844

Actions (login required)

View Item View Item