RIKA ZULAIHA, 1725143249 (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MATHEMAGIC TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MIN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (655kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (513kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelaran Mathemagic Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIN Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Rika Zulaiha, NIM. 1725143249. Pembimbing Dr. Eni Setyowati, SPd.MM Kata Kunci : Pembelajaran, Mathemagic, Minat, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa peneliti menerapkan sebuah metode pembelajaran mathemagic dalam proses pembelajaran. Peneliti ini dilaksanakan di MIN Rejotangan Tulungaung pada kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran mathemagic terhadap minat belajar mata pelajaran matematika siswa kelas IV MIN Rejotangan Tulungaung 2) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran mathemagic terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas IV MIN Rejotangan Tulungaung 3) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran mathemagic terhadap minat dan hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas IV MIN Rejotangan Tulungaung Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian quasi eksperimental design (eksperimen semu) dengan model desain yang digunakan adalah non equivalent posttest-only control group designs. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN Rejotangan Tulungaung yang berjumlah 51 siswa. Dalam pengampilan sampel digunakan teknik simple random sampling, dengan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah 1) tes, 2) angket, 3) observasi, dan 4) dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur minat belajar siswa dan tes yang berupas post test untuk mengukur hasil belajar siswa sesudah diberi perlakuan. Instrumen soal sebelum digunakan untuk memperoleh data yang objektif, maka terlebih dahulu dilakukan pengujian validasi dan reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan uji MANOVA yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Adanya pengaruh yang signifikan metode mathemagic terhadap minat belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil motivasi siswa kelas eksperimen sebesar 82,51, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 77,58. Hasil uji statistik di peroleh F hitung eksperimen sebesar 4,113 dengan signifikan 0,048 < 0,05 sehingga diterima dan ditolak. 2) Adanya pengaruh yang signifikan metode mathemagic terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 76,29 sedangkan kelas kontrol sebesar 53,12. Hasil uji statistik di peroleh F hitung sebesar 38,554 dengan signifikan 0,048 < 0,05 sehingga diterima dan ditolak. 3) Adanya pengaruh signifikan metode mathemagic terhadap minat dan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas IV MIN Rejotangan Tulungaung. Hasil ini ditunjukkan dengan uji manova bahwa nilai keduanya 0,000 < 0,05 sehingga diterima dan ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143249 RIKA ZULAIHA |
Date Deposited: | 09 Aug 2018 06:42 |
Last Modified: | 09 Aug 2018 06:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8849 |
Actions (login required)
View Item |