KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018

Ulfiatus Sholikhah, 1724143252 (2018) KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Ulfiatus Sholikhah, 1724143252, “Kemampuan Representasi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI di MAN Kota Blitar Tahun Ajaran 2017/2018”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Ummu Sholihah, M. Si. Kata Kunci: Representasi, Masalah Matematika, Program Linear Kemampuan pemecahan masalah harus dimiliki siswa untuk melatih agar terbiasa menghadapi berbagai permasalahan, baik masalah dalam matematika, masalah dalam bidang studi lain ataupun masalah dalam kehidupan sehari-hari yang semakin kompleks. Berdasarkan observasi di lapangan ditemukan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal program linear. Beberapa siswa masih terbolak-balik dalam menuliskan model matematika, kesalahan dalam menuliskan model matematika akan mengakibatkan kesalahan yang fatal dalam menyelesaikan masalah program linear. Selain pada perumusan model matematika siswa juga kesulitan dalam menentukan daerah penyelesaian dari suatu sistem pertidaksamaan linear. Dalam menyelesaikan masalah program linear siswa mengerjakan dengan runtut beserta caranya, namun ada juga siswa yang langsung menentukan jawaban dengan mengira-ngira maupun mencongak. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan kemampuan representasi siswa yang memiliki gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah program linear kelas XI di MAN Kota Blitar, 2) untuk mendeskripsikan kemampuan representasi siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan masalah program linear kelas XI di MAN Kota Blitar, 3) untuk mendeskripsikan kemampuan representasi siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan masalah program linear kelas XI di MAN Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. penelitian deskriptif dimaksudkan untuk mendeskripsikan secara sistematis dan akurat sesuai situasi atau area populasi tetentu yang bersifat faktual. metode pengumpulan data menggunakan: 1) observasi, 2) kuesioner, 3) tes , 4) wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan representasi matematis subjek yang memiliki gaya belajar visual yaitu mampu menyajikan kembali data atau informasi ke representasi grafik, kurang mampu menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis, mampu membuat model matematis dari masalah yang diberikan, kurang mampu menjawab soal dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis, 2) kemampuan representasi matematis subjek yang memiliki gaya belajar auditorial yaitu mampu menyajikan kembali data atau informasi ke representasi grafik, kurang mampu menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis, kurang mampu membuat model matematis dari masalah yang diberikan, belum mampu menjawab soal dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis, 3) kemampuan representasi matematis subjek yang memiliki gaya belajar kinestetik yaitu mampu menyajikan kembali data atau informasi ke representasi grafik, kurang mampu menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis, kurang mampu membuat model matematis dari masalah yang diberikan, belum mampu menjawab soal dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mochamad Misbakhudin
Date Deposited: 10 Aug 2018 07:17
Last Modified: 10 Aug 2018 07:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8907

Actions (login required)

View Item View Item