STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN JABAL NOOR TRENGGALEK

VIRDAUS ZULMI MAHFUDZI, 1721143410 (2018) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN JABAL NOOR TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menumbuhkan Akhlakul Karimah Siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Jabal Noor Trenggalek”, ditulis oleh Virdaus Zulmi Mahfudzi, NIM. 1721143410, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dibimbing oleh Dr. H. Muhammad Muntahibun Nafis, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Menumbuhkan Akhlakul Karimah Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi guru akidah akhlak dalam menumbuhkan akhlakul karimah siswa. Proses pembelajaran merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran yang diinginkan perlu adanya sebuah metode dan strategi yang tepat agar siswa mampu memahami. Guru harus bisa menjadi uswatun hasanah yang nantinya apa yang dilakukan guru akan dicontoh siswa dalam kehidupan nyata. Upaya dalam membina akhlak siswa, seorang guru harus membiasakan siswa untuk berakhlak mulia dan religius dengan cara memfasilitasi siswa dengan materi, praktek ibadah, membaca Al-Qur’an, saling menghormati dan beraklak terpuji. Disini guru mata pelajaran akidah akhlak memiliki andil yang besar dalam membina akhlak bernilai religius kepada siswa karena pada dasarnya mata pelajaran akidah akhlak memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari dan mempraktikkan akidahnya dalam bentuk pembiasaan untuk melakukan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui gambran tentang kondisi akhlak siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Jabal Noor Trenggalek. (2) Untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru akidah akhlak dalam menumbuhkan akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Jabal Noor Trenggalek. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Jabal Noor Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi serta analisis data yang digunakan yaitu:(1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsaan data yang digunakan yaitu: (1) perpanjangan pengamatan, (2) Meningkatkan ketekunan (3) Triangulasi (4) Analisis kasus negatif (5) Menggunakan bahan referensi (6) memberi check. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disampaikan bahwa: 1) Gambaran tentang kondisi akhlak siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Jabal Noor Trenggalek masih tergolong standar, beberapa siswa ada yang berakhlak baik seperti banyaknya siswa yang patuh kepada guru, taat pada peraturan, siswa berantusias dalam mengikuti sholat duha dan sholat dzuhur berjama’ah, membaca Al-Qur’an sebelum jam pelajaran pertama, dan ada juga siswa yang berakhlak kurang baik seperti beberapa siswa masih ada yang melakukan pelanggaran di sekolah. 2) Strategi guru dalam menumbuhkan akhlaqul karimah siswa adalah strategi pembelajaran ekspositori, inkuiri dan konstektual. 3) Faktor pendukung dan penghambat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal baik dari guru, maupun siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143410 VIRDAUS ZULMI MAHFUDZI
Date Deposited: 14 Aug 2018 08:30
Last Modified: 14 Aug 2018 08:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8910

Actions (login required)

View Item View Item