MUHAMMAD BAHRUL ‘ULUM, 1724143162 (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENDEKATAN PMR PADA MATERI PELUANG KELAS VIII MTS SUNAN KALIJOGO PICISAN SENDANG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (661kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR IS1.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (140kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Dan PMR pada Materi Peluang Kelas VIII Mts Sunan Kalijogo Picisan Sendang”. Ditulis oleh Muhammad Bahrul ‘Ulum NIP. 1724143162. Dosen Pembimbing Miswanto, MP.d. Kata kunci: Hasil belajar, pendekatan saintifik, dan pendekatan PMR Pembelajaran matematika yang masih menggunakan paradigma lama yaitu kegiatan belajar mengajar disekolah banyak didominasi metode ceramah yang menempatkan siswa sebagai pendengar pasif. Tidak bisa dipungkiri, terkadang model pembelajaran cara lama seperti itu masih lebih efektif untuk beberapa siswa. Namun lama kelamaan siswa yang lain akan merasa jenuh karena siswa hanya ditempatkan . Untuk membantu Strategi pembelajaran yang aktif ini, guru dapat menerapkan berbagai pendekatan pembelajaran yang relevan. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan dalam pembelajraran yang relevan adalah pendekatan Saintifik dan pendekatan PMR. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) Perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik dan pmr pada materi peluang kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Picisan Sendang. 2) Manakah pendekatan yang lebih efektif antara pendekatan saintifik dan pendekatan PMR terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi peluang kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Picisan Sendang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperiment. populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Picisan dengan menggunaan teknik sampling random sampling dan mengambil sampel kelas VIIIA dan VIIIB. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan uji T-test. Hasil penelitian ini diperoleh 1) Berdasarkann hasil analisis data menggunakan uji t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed ) pada taraf signifikan 0.05 sebesar 0.005 dimana ada perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik dan pendekatan PMR pada materi peluang kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Picisan Sendang. 2) Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran dengan pendekatan PMR sebesar 74.09 dan siswa yang menerapkan model pembelajaran dengan pendekatan Saintifik 62.52 yang artinya hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran dengan pendekatan PMR lebih tinggi di banding siswa yang menerapkan model pembelajaran dengan pendekatan Saintifik. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran dengan pendekatan PMR lebih efektif dibanding model pembelajaran dengan pendekatan Saintifik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143162 MUHAMMAD BAHRUL ‘ULUM |
Date Deposited: | 13 Aug 2018 03:19 |
Last Modified: | 13 Aug 2018 03:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8912 |
Actions (login required)
View Item |