PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENDEKATAN PMR PADA MATERI PELUANG KELAS VIII MTS SUNAN KALIJOGO PICISAN SENDANG TAHUN AJARAN 2017/2018

MUHAMMAD BAHRUL ‘ULUM, 1724143162 (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENDEKATAN PMR PADA MATERI PELUANG KELAS VIII MTS SUNAN KALIJOGO PICISAN SENDANG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR IS1.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Dan PMR pada Materi Peluang Kelas VIII Mts Sunan Kalijogo Picisan Sendang”. Ditulis oleh Muhammad Bahrul ‘Ulum NIP. 1724143162. Dosen Pembimbing Miswanto, MP.d. Kata kunci: Hasil belajar, pendekatan saintifik, dan pendekatan PMR Pembelajaran matematika yang masih menggunakan paradigma lama yaitu kegiatan belajar mengajar disekolah banyak didominasi metode ceramah yang menempatkan siswa sebagai pendengar pasif. Tidak bisa dipungkiri, terkadang model pembelajaran cara lama seperti itu masih lebih efektif untuk beberapa siswa. Namun lama kelamaan siswa yang lain akan merasa jenuh karena siswa hanya ditempatkan . Untuk membantu Strategi pembelajaran yang aktif ini, guru dapat menerapkan berbagai pendekatan pembelajaran yang relevan. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan dalam pembelajraran yang relevan adalah pendekatan Saintifik dan pendekatan PMR. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) Perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik dan pmr pada materi peluang kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Picisan Sendang. 2) Manakah pendekatan yang lebih efektif antara pendekatan saintifik dan pendekatan PMR terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi peluang kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Picisan Sendang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperiment. populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Picisan dengan menggunaan teknik sampling random sampling dan mengambil sampel kelas VIIIA dan VIIIB. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan uji T-test. Hasil penelitian ini diperoleh 1) Berdasarkann hasil analisis data menggunakan uji t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed ) pada taraf signifikan 0.05 sebesar 0.005 dimana ada perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik dan pendekatan PMR pada materi peluang kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Picisan Sendang. 2) Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran dengan pendekatan PMR sebesar 74.09 dan siswa yang menerapkan model pembelajaran dengan pendekatan Saintifik 62.52 yang artinya hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran dengan pendekatan PMR lebih tinggi di banding siswa yang menerapkan model pembelajaran dengan pendekatan Saintifik. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran dengan pendekatan PMR lebih efektif dibanding model pembelajaran dengan pendekatan Saintifik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143162 MUHAMMAD BAHRUL ‘ULUM
Date Deposited: 13 Aug 2018 03:19
Last Modified: 13 Aug 2018 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8912

Actions (login required)

View Item View Item