MOHAMAD MASKANA CAHYA, 1725143182 (2018) Implementasi Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum 2013 di MIN 7 Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (236kB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf Download (70kB) |
||
Text
Daftar Isi.pdf Download (19kB) |
||
|
Text
Bab 1.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (257kB) | Preview |
|
Text
Bab 5.pdf Download (99kB) |
||
Text
Bab 6.pdf Download (26kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (25kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Tematik Dalam Kurikulum 2013 di MIN 7 Tulungagung”, ini ditulis oleh Mohamad Maskana Cahya, NIM 1725143182, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Fathul Mujib, M. Ag. Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Implementasi Penelitian ini di latar belakangi dengan perubahan kurikulum di dunia pendidikan yang lebih bermakna. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan kebutuhan pendidikan, dan untuk mewujudkan proses berkembangnya kualitas potensi peserta didik. Dalam penerapannya Kurikulum 2013 ini menggunakan pembelajaran tematik. Fokus dari penelitian ini, meliputi: (1) Bagaimana pembuatan perencanaan perangkat pembelajaran dalam pembelajaran tematik di MIN 7 Tulungagung, (2) Bagaimana kegiatan pembelajaran tematik di MIN 7 Tulungagung, (3) Bagaimana penilaian dalam pembelajaran tematik di MIN 7 Tulungagung. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang penerapan pembelajaran tematik dalam Kurikulum 2013 mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian terkait apa saja yang ditemui oleh guru di MIN 7 Tulungagung dalam menerapkan pembelajaran tematik. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 7 Tulungagung. Jenis Penelitan ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data primer, dan sekunder. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mendapatkan data yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya maka digunakan triangulasi teknik., triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian di MIN 7 Tulungagung peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Pada perencanaan pembelajaran guru sudah membuat perangkat pembelajaran dengan petunjuk yang sesuai, meliputi: pemetaan kompetensi, jaring-jaring tema, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Namun dalam RPP masih belum adanya program pengayaan atau remedial. (2) Pada pelaksanaan pembelajaran, sebelum mengawali pembelajaran guru selalu mempersiapkan pembelajran tersebut. Kegiatan pembelajaran dibagi menjadi tiga tahap, yaitu: kegiatan awal, kegiatan, inti, dan kegiatan penutup. Dalam kegiatan inti guru sudah menggunakan pendekatan saintifik sebagaimana mestinya, namun guru terkadang masih sedikit terlihat pemisahan antar materi pembelajaran. (3) Pada penilaian pembelajaran tematik ini guru menggunakan jenis penilaian berupa tes dan nontes. Dalam penilian guru mengarah pada ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik yang sesuai dengan kompetensi inti. Untuk pelaporan hasil penilaian pembelajaran guru sudah menggunakan aplikasi yang lebih efektif dan efisien waktu.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | PGMI 1725143182 M. Maskana Cahya |
Date Deposited: | 24 Sep 2018 07:20 |
Last Modified: | 24 Sep 2018 07:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8914 |
Actions (login required)
View Item |