THE EFFECTIVENESS OF WEEKLY REPORT TASKING ON THE STUDENTS’ ABILITY IN WRITING RECOUNT TEXT AT SMK NU TULUNGAGUNG

IKA SRI WINARTI, 1723143075 (2018) THE EFFECTIVENESS OF WEEKLY REPORT TASKING ON THE STUDENTS’ ABILITY IN WRITING RECOUNT TEXT AT SMK NU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Winarti, Ika Sri. Nomor Induk Mahasiswa 1723143075. 2018. The Effectiveness of Weekly Report Tasking on the Students’ Ability in Writing Recount Text at SMK NU Tulungagung. Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Inggris. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dosen Pembimbing: Dr. Sukarsono, M.Pd. Kata kunci: Keefektifan, Teks Recount, Tugas Weekly Report. Banyak siswa dari Sekolah Menengah Atas merasa sulit ketika guru meminta mereka untuk membuat sebuah teks. Itu menjadi sebuah masalah terhadap siswa dalam menulis. Masalah ini terjadi karena dari pihak guru yang masih menggunakan metode yang sama ketika mengajar di setiap text. Beberapa masalah yang timbul diantaranya yaitu siswa lemah dalam mengorganisasikan ide dalam sebuah teks, keterbatasan kosa kata pada siswa, siswa lemah dalam tata Bahasa, siswa lemah dalam mekanik Bahasa. Untuk membantu siswa dalam memecahkan masalah itu, guru harus menemukan sebuah metode pembelajaran yang membuat siswa tertarik dan senang dalam belajar menulis. Tugas Weekly Report dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran untuk membantu guru dalam mengajar teks, khususnya dalam pembelajaran menulis teks recount, karena tugas weekly report dan teks recount hampir sama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “apakah ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks recount sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan tugas weekly report? Berdasarkan rumusan masalah, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jika ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks recount sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan tugas weekly report. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, tepatnya menggunakan desain pre-experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 10 SMK NU Tulungagung tahun akademik 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini yaitu 31 siswa dari kelas X Farmasi yang dipilih dengan teknik ramdom sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes. Peniliti menganalisa data dengan menggunakan Paired Sample T-test dengan SPSS versi 16.0. Hasil temuan menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Rata-rata dari pre-test yaitu 60.77, sedangkan rata-rata dari post-test yaitu 69.48. Itu berarti bahwa ada kenaikan nilai dalam kemampuan siswa. Dari penghitungan statistic T-test menunjukkan nilai signifikan lebih kecil dari standar signifikan (0.000<0.05). Itu berarti bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Oleh sebab itu, tugas weekly report efektif untuk kemampuan siswa dalam menulis teks recount. Dapat disimpulkan, menggunakan tugas weekly report dapat digunakan sebagai metode alternative untuk guru Bahasa Inggris dalam menulis teks recount di SMK NU Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: 1723143075 IKA SRI WINARTI
Date Deposited: 13 Aug 2018 02:33
Last Modified: 13 Aug 2018 02:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8915

Actions (login required)

View Item View Item