PENGARUH TINGKAT PENDIDIKKAN ORANG TUA DAN MINAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III MI PODOREJO KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG

SITI MASRUROH, 172543274 (2018) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKKAN ORANG TUA DAN MINAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III MI PODOREJO KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (639kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (985kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (888kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (93kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Minat terhadap Prestasi belajar siswa kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2017/2018”, ini ditulis oleh Siti Masruroh, NIM 1725143274, Pembimbing Ibu Dr. Eni Setyowati, MPd.,MM. Kata Kunci: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Minat, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa tingkat pendidikan orang tua dan minat dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Lingkungan tempat tinggal dan adanya dorongan internal yang muncul dari dalam diri anak sehingga timbul suatu kebiasaan pada diri anak. Hal itu merupakan pengaruh dasar dari orang tua pada diri anak yang sangat mendarah daging. Begitupun pengaruh eksternal yang sangat berpengaruh terhadap hasil prestasi anak tersebut. Namun jika tidak mempunyai minat yang tinggi dalam dirinya, akan mendapat hambatan dalam mencapai prestasi belajarnya, sehingga hasil yang dicapai dibawah yang semestinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :1). Adakah pengaruh tingkat pendidikan orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas III MI Podorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung? 2). Adakah pengaruh minat terhadap prestasi belajar siswa kelas III MI Podorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung? 3). Adakah pengaruh tingkat pendidikan orangtua dan minat terhadap prestasi belajar siswa kelas III MI Podorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Pengaruh tingkat pendidikan orangtua terhadap prestasi belajar siswa, 2). pengaruh minat terhadap prestasi belajar siswa. 3). pengaruh tingkat pendidikan orangtua dan minat terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas III MI Podorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 48 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah 48 siswa mengambil 100% dari jumlah populasi dengan menggunakan sampling populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang tingkat pendidikan orang tua dan minat yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan metode dokumentasi untuk memperoleh data tentang prestasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan regresi linier berganda, uji-t, uji-F, dan sumbangan efektif yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, linieritas, dan asumsi klasik. Pengujian-pengujian tersebut menggunakan bantuan software aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS)16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa secara individual tingkat pendidikan orang tua berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar siswa. Namun secara bersama-sama tingkat pendidikan orang tua dan minat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresi linier berganda sebagai berikut. Y = 45.502 + 1,542 X1 + 0,362 X2, artinya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh tingkat pendidikan orang tua dan minat. Berdasar analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1). Tingkat pendidikan orang tua berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan uji-t diperoleh thitung sebesar 1,524 dan nilai Sig. sebesar 0,134 yang berarti dapat diketahui bahwa thitung (1,524) < ttabel (2,014) dan signifikansi 0,134 > 0,05 maka H0 diterima. 2). Minat belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung 3,321 dan nilai Sig. sebesar 0,002 yang berarti dapat diketahui bahwa thitung (3,321) > (2,014) dan Signifikansi 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak. 3). Tingkat pendidikan orang tua dan minat secara bersamasama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan uji-F diketahui bahwa Fhitung sebesar 6,325 dan nilai Sig. sebesar 0,004 berarti dapat diketahui bahwa Fhitung (6,325) > Ftabel (3,20) dan signifikansi 0,004 < 0,05 maka H0 ditolak. Variabel tingkat pendidikan orang tua dan variabel minat belajar siswa memberikan sumbangan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 21,9%, sedangkan 78,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 172543274 SITI MASRUROH
Date Deposited: 16 Aug 2018 03:14
Last Modified: 16 Aug 2018 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8918

Actions (login required)

View Item View Item