PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR

SITI HARTATIK, 1725143272 (2018) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (410kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siti Hartatik. 1725143272. 2018,Peran Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Peserta Didik MI Darussalam Wonodadi Blitar”,ini ditulis oleh Siti Hartatik dibimbing oleh Dr. Jazeri, S.Ag, M.Pd Kata Kunci : Peran Guru, Keterampilan Menulis, Puisi Peran seorang guru yang efektif dalam proses pembelajaran di dalam kelas dapat ditelaah melalui tindakan atau perilakunya dalam memprakarsai tugas dan hubungannya dengan siswa. Peran guru dalam pembelajaran merupakan tindakan atau perilaku guru dalam mempengaruhi siswa dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Perilaku guru tersebut dapat dibedakan atas perilaku guru yang berorientasi terhadap pelaksanaan tugas dan perilaku guru yang beriorientasi terhadap penciptaaan Tindakan perilaku guru dalam pembelajaran memiliki dua aspek, yaitu aspek yang berhubungan dengan tugas dan aspek yang lebih mengutamakan persahabatan.Pendidikan mempunyai peranan yang penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan bangsa.Manusia membutuhkan pendidikan dalam kehidupannya. Pendidikan merupakan usaha agar menusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran..Pertanyaan peneliti pada skripsi adalah (1) Bagaimanakah peran guru dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas kelas V MI Darussalam Wonodadi Blitar? (2) Bagaimanakah hambatan guru dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas kelas V MI Darussalam Wonodadi Blitar? (3).Bagaimanakah solusi guru dalam mengatasi hambatan keterampilan menulis puisi bebas kelas V MI Darussalam Darussalam Wonodadi Blitar? Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas kelas V MI Darussalam Wonodadi Blitar. (2) untuk mengetahui hambatan guru dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas kelas V MI Darussalam Wonodadi Blitar. (3) untuk mengetahui solusi guru dalam mengatasi hambatan keterampilan menulis puisi bebas kelas V MI Darussalam Wonodadi Blitar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk menghasilkan data diskriptif baik berupa tulisan maupun lisan serta perilaku dari subjek yang diamati. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Darussalam Wonodadi Blitar. Sumber data penelitian terdiri dari informan, partisipan, dan, dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, interview mendalam, dan dokumentasi. Analisis data penelitian meliputi, 1). Pengumpulan data, 2). Pengorganisasian dan pengelompokan data yang dikumpulkan sesuai dengan sifat kategori yang ada. Kedua adalah analisis data yang dilakukan melalui empat tahap meliputi, 1). Reduksi data, 2). Sajian data, 3)verifikasi dan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data di lakukan dengan teknik triangulasi sumber data. Dari hasil penelitian ini, adalah (1) Peran guru dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas di kelas V MI Darussalam Wonodadi Blitar. (a) menggunakan media dan objek langsung dan hasil karya peserta didik, untuk membentuk pembelajaran yang menarik guru mengajak peserta didik keluar kelas, lingkungan sekolah, kealam terbuka, seperti sawah, sungai, dan lapangan. (b) guru menggunakan madia dan metode ceramah , mengajak anak untuk mengamati gambar yang berada di lingkungan sekolah. (2) Hambatan siswa dalam penggunaan media langsung dalam keterampilan menulis puisi di kelas V MI Darussalam Wonodadi Blitar, adalah kurang maksimal, masih banyak peserta didik yang merasa kesulitan saat memilih objek dan pemilihan kata-kata (Diksi) (3) Solusinya, guru menggunakan media gambar, yakni, peserta didik langsung diberi gambar untuk dijadikan sebuah puisi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143272 SITI HARTATIK
Date Deposited: 16 Aug 2018 06:58
Last Modified: 16 Aug 2018 06:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9001

Actions (login required)

View Item View Item