PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS II MI JATI SALAM GOMBANG PAKEL TULUNGAGUNG

NIA MARIYA ULFA, 1725143202 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS II MI JATI SALAM GOMBANG PAKEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (967kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas II MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung” yang ditulis oleh Nia Mariya Ulfa ini dibimbing oleh Dr.Maryono,M.Pd Kata kunci : Make a Match, hasil belajar. Salah satu permasalahan dalam pendidikan yang mengarah pada proses pembelajaran . Beberapa tenaga pendidik di sekolah masih ada yang menyampaikan materi pembelajaran dengan metode konvensional sehingga peserta didik pasif dalam kegiatan pembelajaran peserta didik untuk belajar menjadi rendah sehingga berdampak pada hasil belajar. Oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran make a match. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak siswa kelas II MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak siswa kelas II MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas II MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. Teknik pengambilan sampel digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel yang dipilih sebagai subjek penelitian adalah peserta didik kelas II A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 siswa dan peserta didik kelas II B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes. Hasil penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah (1) Ada pengaruh Make A Match terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak Siswa kelas II MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t untuk pengaruh hasil belajar diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,002. Karena signifikansi < 0,05 maka ditolak dan diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan make a match terhadap hasil belajar siswa. (2) Besarnya pengaruh penggunaan Model pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas II MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung, dapat dilihat dari perhitungan nilai effect size (d) = 1,2. Interpretasi Cohen’s menyatakan presentase pengaruh 88,40% dan termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas II MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143202 NIA MARIYA ULFA
Date Deposited: 16 Aug 2018 06:46
Last Modified: 16 Aug 2018 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9002

Actions (login required)

View Item View Item