NIA MARIYA ULFA, 1725143202 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS II MI JATI SALAM GOMBANG PAKEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (65kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (256kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (967kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas II MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung” yang ditulis oleh Nia Mariya Ulfa ini dibimbing oleh Dr.Maryono,M.Pd Kata kunci : Make a Match, hasil belajar. Salah satu permasalahan dalam pendidikan yang mengarah pada proses pembelajaran . Beberapa tenaga pendidik di sekolah masih ada yang menyampaikan materi pembelajaran dengan metode konvensional sehingga peserta didik pasif dalam kegiatan pembelajaran peserta didik untuk belajar menjadi rendah sehingga berdampak pada hasil belajar. Oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran make a match. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak siswa kelas II MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak siswa kelas II MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas II MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. Teknik pengambilan sampel digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel yang dipilih sebagai subjek penelitian adalah peserta didik kelas II A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 siswa dan peserta didik kelas II B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes. Hasil penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah (1) Ada pengaruh Make A Match terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak Siswa kelas II MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t untuk pengaruh hasil belajar diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,002. Karena signifikansi < 0,05 maka ditolak dan diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan make a match terhadap hasil belajar siswa. (2) Besarnya pengaruh penggunaan Model pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas II MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung, dapat dilihat dari perhitungan nilai effect size (d) = 1,2. Interpretasi Cohen’s menyatakan presentase pengaruh 88,40% dan termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas II MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143202 NIA MARIYA ULFA |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 06:46 |
Last Modified: | 16 Aug 2018 06:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9002 |
Actions (login required)
View Item |