LINTANG MAHARDIKA, 1 724143140 (2018) UPAYA MENGATASI KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) MELALUI TAHAPAN SCAFFOLDING KELAS X MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (164kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (12MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Mahardika, Lintang. 2018. “Upaya Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Melalui Tahapan Scaffolding Kelas X MAN 3 Blitar”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata satu IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Muniri, M. Pd. Kata Kunci: Kesulitan, Menyelesaikan Masalah, Scaffolding Fenomena bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit sehingga menjadi momok menakutkan bagi siswa sehingga minat terhadap pelajaran matematika sangat rendah, kesulitan yang dihadapi siswa merupakan akibat dari kurangnya pemahaman dan minat siswa dalam memahami materi yang telah diajarkan oleh guru. oleh karena itu salah satu alternatif untuk membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajarnya adalah dengan adanya scaffolding. Dengan scaffolding anak akan mampu belajar maksimal karena adanya bantuan orang dewasa atau orang yang lebih ahli. Fokus Penelitian dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana upaya mengatasi kesulitan siswa kemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) melalui tahapan scaffolding kelas X MAN 3 Blitar? (2) Bagaimana upaya mengatasi kesulitan siswa kemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) melalui tahapan scaffolding kelas X MAN 3 Blitar?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya mengatasi kesulitan siswa kemampuan sedang dan kemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) melalui tahapan scaffolding kelas X MAN 3 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah 4 siswa kelas X IIS-5 MAN 3 Blitar yang terdiri dari 2 siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa berkemampuan rendah. Tehnik pengumpulan data menggunakan: 1 ) Observasi, 2) Tes, 3) Wawancara, 4) Dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Ketekunan pengamat, triangulasi waktu, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, scaffolding dapat membantu siswa menyelesaikan masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV), dengan menggunakan tahap-tahap scaffolding, yaitu explaining (menjelaskan), reviewing (meninjau), restructuring (restrukturasi), dan developing conceptual thingking (mengulang prosedur) siswa dapat mengerjakan masalah dengan baik, ini terbukti dari follow test siswa sudah dapat mengerjakan dengan baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1 724143140 LINTANG MAHARDIKA |
Date Deposited: | 23 Aug 2018 06:17 |
Last Modified: | 23 Aug 2018 06:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9081 |
Actions (login required)
View Item |