FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN MASYARAKAT DALAM MEMILIH USAHA SEWA KAMAR KOST MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

TIYAS AYUK WIDYAWATI, 1742143280 (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN MASYARAKAT DALAM MEMILIH USAHA SEWA KAMAR KOST MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (766kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (650kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Faktor–faktor yang Mempengarui Pengambilan Keputusan Masyarakat dalam Memilih Usaha Sewa Kamar Kost Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Desa Plosokandang, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung)”, yang ditulis oleh Tiyas Ayuk Widyawati, NIM 1742143280. Dengan dosen pembimbing Dr. H. Ahmad Muhtadi Ansor, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya masyarakat Desa Plosokandang yang membuka usaha sewa kamar kost. Dimana usaha sewa kamar kost menurut mereka sangatlah menguntungkan daripada usaha yang lain. Walaupun usaha sewa kamar kost memerlukan modal yang besar, akan tetapi keuntungan yang didapat juga besar. Terlebih lagi lokasinya sangat strategis yaitu dekat dengan kampus Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dimana banyak mahasiswa yang akan membutuhkan tempat kost. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui kondisi usaha sewa kamar kost secara strategis berdasarkan analisis SWOT, (2) Untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam terhadap usaha sewa kost di Desa Plosokandang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dengan menggunakan matriks SWOT yang yang terdiri dari strengths, weaknesses, opportunities, dan treats menunjukkan beberapa indikator tentang usaha sewa kamar kost. Kekuatan terdiri dari harga sewa terjangkau, pemasaran dan perawatannya mudah, keuntungan besar dan resiko rugi kecil, kelemahan terdiri dari harga sewa cenderung naik, pemilik kost kurang ramah, sedangkan peluang terdiri dari lokasi strategis, daya beli penyewa tinggi, dapat memberi kesempatan kerja pada pihak lain, dan ancaman terdiri dari lahan dan modalnya besar, persaingan sesama kost semakin meningkat. Dari beberapa indikator tersebut dapat diketahui bahwa pengusaha sewa kost mengambil alternatif strategi SO, dimana pengusaha harus bisa memanfaatkan peluang yang ada, yaitu usaha sewa kost yang berlokasikan dekat dengan area kampus harga sewa harus terjangkau bagi mahasiswa, pemasaran yang mudah dapat meningkatkan daya beli penyewa tinggi, dan selain keuntungan berupa materi yang besar usaha ini juga dapat memberi kesempatan kerja kepada masyarakat sekitar. (2) ditinjau dari ekonomi Islam usaha sewa kost sudah sesuai dengan syariat Islam, hal ini dibuktikan dengan dalam melakukan usaha pemilik kost menerapkan prinsip pertanggungjawaban dan prinsip adl’, selain itu dalam usaha ini menggunakan akad ijarah. Kata kunci : Perilaku Konsumen, Pengambilan Keputusan, Jasa Kost, Ekonomi Islam, Analisis SWOT

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 1742143280 TIYAS AYUK WIDYAWATI
Date Deposited: 24 Aug 2018 07:23
Last Modified: 24 Aug 2018 07:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9116

Actions (login required)

View Item View Item