PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NUR DEVI RUSDIANA, 1725143224 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (689kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (937kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung”. Ditulis oleh Nur Devi Rusdiana NIM: 1725143224, dibimbing oleh Musrikah, S.Pd.I, M.Pd Kata kunci: Examples Non Examples, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik karena sebagian besar guru mengajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dimana pembelajaran masih berpusat pada guru. Dengan model pembelajaran tersebut peserta didik menjadi kurang mandiri dan pasif. Model pembelajaran yang kurang variatif menyebabkan peserta didik kurang tertantang dalam mengikuti proses pembelajaran. Inovasi pembelajaran dengan variasi yang cocok sesuai dengan kebutuhan peserta didik diperlukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Menyikapi hal tersebut, peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples untuk mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap motivasi belajar peserta didik MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap hasil belajar peserta didik MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap motivasi belajar peserta didik MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap hasil belajar peserta didik MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen semu, teknik sampling menggunakan teknik pertimbangan (purposive sampling). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas III-A dan III-B MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, tes, observasi/pengamatan, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji manova, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) uji t angket motivasi diperoleh nilai thitung = 3,217 dan Sig.(2-tailed) = 0,002. Karena nilai thitung > ttabel atau 3,217 > 2,021 dan Sig.(2-tailed) 0,002 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap motivasi belajar peserta didik MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung, (2) Hasil uji t post test diperoleh nilai thitung = 2,611 dan Sig.(2-tailed) = 0,012. Karena nilai thitung > ttabel atau 2,611 > 2,021 dan Sig.(2-tailed) 0,012 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh model penbelajaran examples non examples terhadap hasil belajar peserta didik MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung, (3) Hasil uji manova angket motivasi dan post test diperoleh nilai ke-empat p-value (sig) < 0,05 yaitu 0,001 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143224 NUR DEVI RUSDIANA
Date Deposited: 14 Sep 2018 03:02
Last Modified: 14 Sep 2018 03:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9117

Actions (login required)

View Item View Item