PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AL- QUR’AN HADITS MTsN 1 KOTA BLITAR

ZENY MA’UUNA, 1721143430 (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AL- QUR’AN HADITS MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (410kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits MTsN 1 Kota Blitar”, ini ditulis oleh Zeny Ma’uuna, NIM.1721143430. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag, NIP. 19690918 200003 1 002 Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya kesadaran diri siswa antara lain sikap siswa dalam pemahaman emosi diri sendiri, kemampuan mengelola emosi dengan baik, mengatur cara belajar dan memperhatikan kesiapan dalam belajar menimbulkan dampak pada prestasi belajar Al-Qur’an Hadits. Rumusan masalah : (1) Bagaimana pengaruh kecerdasan emosional dalammengenali emosi diri terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits MTsN 1 Kota Blitar? (2) Bagaimana pengaruh kecerdasan emosional dalam mengelola emosi diri terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits MTsN 1 Kota Blitar? (3) Bagaimana pengaruh kecerdasan emosional dalam memotivasi diri terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits MTsN 1 Kota Blitar? (4) Bagaimana pengaruh kecerdasan emosional dalammengenali emosi orang lain terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits MTsN 1 Kota Blitar? (5) Bagaimana pengaruh kecerdasan emosional dalammembina hubungan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits MTsN 1 Kota Blitar? Tujuan penelitian : (1) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dalam mengenali emosi diri terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits MTsN 1 Kota Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dalam mengelola emosi diri terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits MTsN 1 Kota Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dalam memotivasi diri terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits MTsN 1 Kota Blitar. (4) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dalammengenali emosi orang lain terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits MTsN 1 Kota Blitar. (5) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dalam membina hubungan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits MTsN 1 Kota Blitar. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar, yang terdiri dari 349 siswa.Dengan teknik random sampling diperoleh sampel 177 siswa. Variabel terikat : Prestasi Belajar Siswa. Sumber data : Responden dan Dokumen. Teknik pengumpulan data : angket, teknik analisis data : uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas dan regresi sederhana dengan bantuan SPSS for Windows 16,0. Hasil penelitian : (1) Ada pengaruh sangat signifikan antara Kecerdasan Emosional dalam Mengenali Emosi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits MTsN 1 Blitar. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,04 kurang dari 0,05. (2) Ada pengaruh sangat signifikan antara Kecerdasan Emosional dalam Mengelola Emosi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits MTsN 1 Blitar. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,009 kurang dari 0,05. (3) Ada pengaruh sangat signifikan antara Kecerdasan Emosional dalam Memotivasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits MTsN 1 Blitar. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,006 kurang dari 0,05. (4) Ada pengaruh sangat signifikan antara Kecerdasan Emosional dalam Mengenali Emosi Orang Lain Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits MTsN 1 Blitar. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,006 kurang dari 0,05. (5) Ada pengaruh sangat signifikan antara Kecerdasan Emosional dalam Membina Hubungan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits MTsN 1 Blitar. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,001 kurang dari 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143430 ZENY MA’UUNA
Date Deposited: 24 Aug 2018 07:09
Last Modified: 24 Aug 2018 07:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9120

Actions (login required)

View Item View Item