Dyah Agustiningtyas, 1742143075 (2018) STRATEGI PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus di Perusahaan Batik Usaha Dagang Setia Jaya Karangan Trenggalek). [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (582kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
Bab VI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (221kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di Perusahaan Batik UD. Setia Jaya Karangan Trengggalek)” ditulis oleh Dyah Agustiningtyas, 1742143075, dengan dibimbing oleh Dr. H. Dede Nurohman, M. Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat persaingan usaha yang semakin ketat dan konsumen yang semakin kritis mengharuskan pelaku usaha untuk tetap menjaga kepuasan pelanggan. Dengan menggunakan etika bisnis Islam yang sesuai diharapkan perusahaan mampu berjalan dengan optimal dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis memilih UD. Setia Jaya Karangan Trenggalek sebagai objek penelitian. Alasannya adalah UD. Setia Jaya merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan batik yang ada di Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek yang menempatkan salah satu tujuannya pada kepuasan pelanggan. Fokus Penelitian skripsi ini adalah bagaimana strategi pelayanan batik UD. Setia Jaya dalam meningkatkan kepuasan pelanggan?, dan bagaimana etika bisnis Islam memandang strategi pelayanan batik UD. Setia Jaya dalam meningkatkan kepuasan pelanggan?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pelayanan batik UD. Setia Jaya dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, dan mendeskripsikan etika bisnis Islam memandang strategi pelayanan batik UD. Setia Jaya dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam hal ini peneliti mendeskripsikan strategi pelayanan batik UD. Setia Jaya dalam meningkatkan kepuasan pelanggan ditinjau dari etika bisnis Islam. Oleh karena itu peneliti melakukan observasi, wawncara, dan dokumentasi. Peneliti menganalisanya melalui reduksi data, penyajian data, dan pembuatan kesimpulan. Setelah itu, melakukan pengecekan ulang untuk mendapatkan data yang diperoleh dan menggunakan teknik triangulasi, dengan tujuan mendapatkan kevalidan data. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa perusahaan batik UD. Setia Jaya menggunakan strategi pelayanan berupa pemberian produk dengan kualitas terbaik, ketepatan waktu pesanan, cepat tanggap dan siap membantu pelanggan, pemberian jaminan, dan berkomunikasi yang baik dengan pelanggan. Sedangkan pandangan etika bisnis Islam yang sesuai terhadap strategi pelayanan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan yang meliputi tidak adanya syarat-syarat khusus bagi karyawan, memberikan produk dengan harga dan kualitas yang sesuai, melakukan inovasi, dan bertanggungjawab terhadap pesanan serta melakukan pencatatan dengan baik. Kata Kunci : Strategi Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Etika Bisnis Islam
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 1742143075 Dyah Agustiningtyas |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 04:39 |
Last Modified: | 27 Aug 2018 04:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9130 |
Actions (login required)
View Item |