PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MIN 5 TULUNGAGUNG

UMI LATIFAH, 1725143294 (2018) PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (481kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (554kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Tulungagung” ditulis oleh Umi Latifah, NIM. 1725143294, pembimbing Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata kunci: Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pendidikan saat ini telah mengalami perkembangan yang begitu pesat. Disamping itu, dipicu dengan teknologi yang berkembang dengan pesat. Dan juga pada saat ini siswa dituntut untuk lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengetahui tentang fasilitas belajar yang ada pada suatu lembaga pendidikan. Dalam hal ini peneliti ingin menghubungkan masalah fasilitas belajar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi siswa di MIN 5 Tulungagung?. (2) Adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa di MIN 5 Tulungagung?. (3) Adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di MIN 5 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa, (2) untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa, dan (3) untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di MIN 5 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian survei, teknik pengambilan sampling menggunakan teknik purposive sampling dengan penentuan sampel pada kelas tertentu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa dari MIN 5 Tulungagung, sedangkan saampel yang diambil adalah siswa kelas VA dan kelas VB MIN 5 Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dan uji manova, yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu normalitas dan linearitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Uji regresi linear sederhana diperoleh nilai rhitung = 0,913 dan sig.= 0,000. Karena nilai rhitung > rtabel atau 0,913 > 0,254 dan sig. 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa di MIN 5 Tulungagung. (2) Hasil uji regresi linear sederhana diperoleh nilai rhitung = 0,044 dan sig. = 0,734. Karena rhitung < rtabel atau 0,044 < 0,254 dan sig. 0,734 > 0,05 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak, artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa MIN 5 Tulungagung. (3) Hasil uji Manova diperoleh nilai sig. 0,000 sehingga 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di MIN 5 Tulungagung Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa (1) ada pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa di MIN 5 Tulungagung memiliki pengaruh yang sangat besar dalam proses pembelajaran di sekolah adalah dapat diketahui bahwa fasilitas sangat penting bagi proses pembelajaran yang berguna untuk mempermudah dan memperlancar proses pembelajaran, dengan begitu motivasi belajar siswa juga akan meningkat. (2) Tidak ada pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa di MIN 5 Tulungagung. Hal ini peneliti dapat menyimpulkan bahwa, fasilitas belajar yang ada di sekolah tidak selalu berpengaruh dalam pencapaian hasil belajar. Dengan demikian, dapat juga disebabkan oleh metode mengajar guru yang belum maksimal dan cara penggunaan fasilitas belajar yang kurang terkondisikan. (3) Ada pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di MIN 5 Tulungagung. Jika semua sama-sama digabungkan, menunjukkan hasil bahwa semuanya memiliki pengaruh. Maka, pengaruh tersebut bisa juga terdorong dari motivasi belajar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143294 UMI LATIFAH
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:42
Last Modified: 27 Aug 2018 04:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9133

Actions (login required)

View Item View Item