KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN FIQIH DI MTS ASWAJA KALIDAWIR

MUHAMAD NUR EFENDI, 2811133170 (2018) KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN FIQIH DI MTS ASWAJA KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ‘’Kreativitas Guru dalam Menggunakan Metode Pembelajaran Fiqih di MTs Aswaja Kalidawir ini ditulis oleh Muhamad Nur Efendi, NIM 2811133170, Tahun 2017, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Drs. Muh. Kharis, M.Pd. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Metode Pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi oleh pandangan bahwa aktivitas guru dalam proses interaksi belajar mengajar merupakan faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Dalam hal ini peneliti mengkaji tentang Kreativitas Guru dalam Penggunaan Metode Pembelajaran Fiqih di MTs Aswaja Kalidawir. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana kreativitas guru dalam menggunakan metode diskusi pada pembelajaran fiqih di MTs Aswaja Kalidawir? 2)Bagaimana kreativitas guru dalam menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih di MTs Aswaja Kalidawir? 3) Bagaimana kreativitas guru dalam menggunakan metode metode tanya jawab pada pembelajaran fiqih di MTs Aswaja Kalidawir? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah1) Untuk mengetahui kreativitas guru dalam menggunakan metode diskusi pada pembelajaran fiqih di MTs Aswaja Kalidawir. 2) Untuk mengetahui kreativitas guru dalam menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih di MTs Aswaja Kalidawir. 3) Untuk mengetahui kreativitas guru dalam menggunakan metode tanya jawab pada pembelajaran fiqih di MTs Aswaja Kalidawir. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis metode studi kasus, metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sumber data dibedakan menjadi dua yaitu: data yang bersumber dari manusia, dan data yang bersumber dari non manusia berupa Person, Place, dan Paper. Dengan menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan model interaktif versi Miles and Huberman berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan dari hasil penelitian yang telah diperoleh di lapangan menyebutkan bahwa: 1) kreativitas guru fiqih dalam menggunakan metode diskusi MTs Aswaja Kalidawir: Guru bertindak kreatif menggunakan metode diskusi dengan teknik jigsaw, guru bertindak kreatif dalam menggunakan metode diskusi dengan memberikan penegasan dan penguatan diakhir pelajaran. guru bertindak kreativitas dalam menggunakan metode diskusi dengan menggunakan media pembelajaran.guru bertindak kreatif dengan menggunakan metode diskusi yang di terapkan di luar kelas atau pembelajaran dilakukan diluar kelas. 2) kreativitas guru dalam menggunakan metode demonstrasi MTs Aswaja Kalidawir: penggunakan metode demonstrasi diselingi dengan metode lain, berupa ceramah dan metode tanya jawab, penggunaan metode demonstrasi siswa juga dilibatkan untuk mempraktekkan mengenai materi yang didemonstrasikan. 3) kreativitas guru dalam menggunakan metode tanya jawab di MTs Aswaja Kalidawir: guru bertindak kreatif dalam penggunaan metode tanya jawab dengan memberikan reward yakni berupa point, metode tanya jawab digunakan untuk merangsang keaktifan siswa untuk menggugah siswa yang pemalu atau yang diam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133170 MUHAMAD NUR EFENDI
Date Deposited: 31 Aug 2018 02:54
Last Modified: 31 Aug 2018 02:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9193

Actions (login required)

View Item View Item