PENGARUH MODEL MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 7 BLITAR

EMA SUSANTI, 1725143080 (2018) PENGARUH MODEL MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 7 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (596kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (648kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Make A Match Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas IV MIN 7 Blitar” ini ditulis oleh Ema Susanti, NIM. 1725143080, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bu Faizatul Istiqomah, M.Ed. Kata Kunci: Model Make A Match, Motivasi Belajar Akidah Akhlak, Hasil Belajar Akidah Akhlak. Seiring dengan kemajuan zaman yang semakin canggih dan modern, pendidikan juga semakin maju untuk menciptakan proses pembelajaran terbaik. Namun dengan kemajuan pendidikan khususnya dalam pembelajaran Akidah Akhlak, kebanyakan peserta didik masih banyak yang kurang termotivasi untuk mempelajarinya, yang dianggap menjenuhkan dan membosankan. Dengan pemikiran yang menjenuhkan dan membosankan itulah yang membuat motivasi dan hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Dengan mengetahui model Make A Match, guru dan peserta didik dapat mengelola cara belajar yang efektif, yang akan menghasilkan proses pembelajaran yang maksimal. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi pada ketertarikan peneliti untuk mengetahui pengaruh model Make A Match terhadap motivasi dan hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas IV MIN 7 Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model Make a Match terhadap motivasi dan hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas IV MIN 7 Blitar Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MIN 7 Blitar dengan jumlah 367 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-C sebagai kelas eksperimen ynang berjumlah 20 peserta didik, dan kelas IV –B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 peserta didik yang diambil berdasarkan teknik sampling Nonprobability. Pada analisis data menggunakan Uji Manova menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,004. Sehingga terdapat pengaruh pada motivasi dan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model Make A Match. Berdasarkan hasil Uji t-test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,002. Berdasarkan kriteria menunjukkan bahwa 0,002 < 0,05. Jadi terdapat perbedaan pada motivasi belajar Aqidah Akhlak peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan model Make A Match. Berdasarkan hasil Uji t-test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,001. Berdasarkan kriteria menunjukkan bahwa 0,001 < 0,05. Jadi terdapat perbedaan pada hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan model Make A Match dan kelas kontrol. Dari hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model Make A Match terhadap motivasi dan hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas IV MIN 7 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143080 EMA SUSANTI
Date Deposited: 31 Aug 2018 07:57
Last Modified: 31 Aug 2018 07:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9226

Actions (login required)

View Item View Item