ADISKA NUR AFANDI, 1741143004 (2018) IMPLEMENTASI PEMASARAN SYARIAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN ANGGOTA PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL SINAR AMANAH BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (876kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (350kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (408kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (482kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (378kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (156kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pemasaran Syariah Sebagai Upaya Peningkatan Kepuasan Anggota pada Baitul Maal wat Tamwil Sinar Amanah Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Adiska Nur Afandi, (1741143004), pembimbing Muhamad Aqim Adlan, M.E.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketatnya persaingan dan semakin pesatnya pertumbuhan lembaga keuangan di Indonesia sebagaimana BMT, LKS dan lainnya yang bersifat mikro. Untuk dapat mempertahankan eksistensi lembaga, perlu adanya usaha untuk mempertahankan anggota dan salah satunya dengan menjamin kepuasan. Setiap lembaga keuangan pasti memiliki strategi yang berbeda dalam meningkatkan kepuasan anggotanya. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana implementasi Marketing Syariah pada BMT Sinar Amanah Boyolangu dalam meningkatkan kepuasan anggota? 2) Apa hambatan dalam penerapan Marketing Syariah pada BMT Sinar Amanah Boyolangu dalam meningkatkan kepuasan anggota? 3) Bagaimana solusi yang dilakukan oleh BMT Sinar Amanah Boyolangu dalam menangani hambatan penerapan marketing syariah sebagai upaya peningkatan kepuasan anggota?. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara secara mendalam dan observasi. Penggalian data bersumber pada informan di BMT Sinar Amanah. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) BMT Sinar Amanah dalam meningkatkan kepuasan anggota dengan cara menerapkan strategi a) strategi relationship marketing, b) strategi peningkatan kinerja perusahaan, c) strategi pelayanan berkualitas. 2) Kendala yang dialami BMT Sinar Amanah dalam menjalankan strategi yaitu a) kurangnya pengetahuan dari karyawan sebagai marketer syariah, b) pelayanan yang belum maksimal, c) pemahaman anggota dalam menerima penjelasan, d) komitmen anggota dalam melaksanakan kewajiban juga menjadi hambatan. 3) Solusi yang diterapkan dalam menghadapi kendala adalah a) mengikut sertakan karyawan dalam pelatihan pelatihan terkait peningkatan kinerja karyawan, b) melakukan pengukuran kepuasan dengan sistem keluhan dan saran, c) melayani dengan penuh empati, d) memberikan kemudahan pelayanan dengan sitem jemput bola. Kata kunci : marketing syariah, Pemasaran, meningkatkan, kepuasan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 1741143004 ADISKA NUR AFANDI |
Date Deposited: | 03 Sep 2018 04:49 |
Last Modified: | 03 Sep 2018 04:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9240 |
Actions (login required)
View Item |