PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PAI MATERI MAKANAN DAN MINUMAN HALAL HARAM SISWA KELAS VIII DI SMPIT AL-AZHAAR TRENGGALEK

ABDI TUTUR PRAYOGO, 1721143002 (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PAI MATERI MAKANAN DAN MINUMAN HALAL HARAM SISWA KELAS VIII DI SMPIT AL-AZHAAR TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Prayogo, Abdi Tutur (2018).Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar PAI Materi Makanan dan Minuman Halal Haram Siswa Kelas VIII di SMPIT Al-Azhaar Trenggalek. Dosen Pembimbing : Dr. Agus Purwo Widodo,M.Pd. Kunci : Model Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi dan wawancara lapangan di SMPIT Al-Azhaar Trenggalek dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran PAI materi makanan dan minuman halal haram sangat membutuhkan model pembelajaran yang tepat sebagai proses penyampaiannya. Hal ini disebabkan cara mengajar guru sebelumnya hanya menggunakan model pembelajaran konvensional, padahal respondennya sudah jelas siswa memiliki latar belakang pendidikan yang tidak sama. Latar belakang tersebut yang membuat peneliti tergerak untuk mencoba mengaplikasikan sebuah model pembelajaran yang merupakan adopsi dari model pembelajaran pada materi lain, yaitu model pembelajaran kontekstual. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar PAI materi makanan dan minuman halal haram siswa kelas VIII di SMPIT Al-Azhaar Trenggalek dan (2) Seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar PAI materi makanan dan minuman halal haram siswa kelas VIII di SMP-IT Al-Azhaar Trenggalek. Tujuan penelitian ini dirancang untuk (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar PAI materi makanan dan minuman halal haram siswa kelas VIII di SMP-IT Al-Azhaar Trenggalek, dan (2)Untuk mengetahui seberapa pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar PAI materi makanan dan minuman halal haram siswa kelas VIII di SMP-IT Al-Azhaar Trenggalek. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain One Group Pre-Test-Post-Test Design. Instrument yang digunakan adalah tes. Tes digunakan untuk pengambilan nilai pretest dan nilai posttest sebagai hasil belajar yang akan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pegaplikasian model pembelajaran kontekstual selama proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengenalan makanan dan minuman halal haram. Pada analisis hipotesis penelitian ini didapatkan bahwa hasil uji t-satu pihak yaitu uji t pihak kanan pada subjek kelas mendapat nilai rata-rata Pre-Test 866.2 Sedangkan nilai rata-rata Post-Test 936.5. Dari hasil analisis, diperoleh bahwa t-hitung sebesar 9,574 dan t-tabel sebesar 1,79588. Dari uji t tersebut, diketahui bahwa t hitung > t tabel, maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar (Post-Test) lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar sebelumnya (Pre-Test). Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran kontekstual lebih baik dari pada hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Hal ini bisa dijadikan sebagai pertimbangan bagi guru di SMPIT Al-Azhaar Trenggalek untuk mengaplikasikan model pembelajaran serup maupun model pembelajaran yang lain yang dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143002 ABDI TUTUR PRAYOGO
Date Deposited: 12 Sep 2018 08:14
Last Modified: 12 Sep 2018 08:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9251

Actions (login required)

View Item View Item