RITA PUSVITASARI, 1725143252 (2018) PENGEMBANGAN BUDAYA DISIPLIN PESERTA DIDIK PRATHOM THAYAIWITTAYA SCHOOL KHUANG LANG HATYAI SONGKHLA THAILAND SELATAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (648kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (149kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Budaya Disiplin Peserta Didik di Prathom Thayaiwittaya School Khuang Lang Hatyai Songkhla Thailand Selatan” ini ditulis oleh Rita Pusvitasari, NIM 1725143252, dibimbing oleh Muhamad Zaini, MA. Kata Kunci: Pengembangan, Budaya Disiplin Budaya disiplin perlu dikembangkan di era globalisasi. Disiplin sebagai salah satu bentuk akhlak mahmudah manusia. Disiplin merupakan nilai yang berkaitan dengan pengendalian diri terhadap aturan yang berlaku dalam masyarakat. Melalui disiplin diharapkan terbentuk moral yang baik dan keteraturan dalam masyarakat. Bagi peserta didik dengan disiplin akan dapat mempunyai pengaruh yang positif bagi kehidupan setelah mereka keluar dari jenjang pendidikan dan disiplin tersebut akan tumbuh menjadi bekal di masa yang akan datang. Kenyataanya yang terjadi pada lingkungan sekolah anak selalu kurang disiplin dan kurang memiliki rasa tanggung jawab di sekolah. Seperti contoh, tidak mengerjakan PR (Pekerjaan Rumah), kurang hormat pada guru, mencoret-coret bangku. Fokus penelitian ini adalah pengembangan budaya disiplin peserta didik di Prathom Thayaiwittaya School Khuang Lang Hatyai Songkhla Thailand Selatan. Adapun pertanyaan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan budaya disiplin peserta didik dalam bidang keagamaan di Prathom Thayaiwittaya School Khuang Lang Hatyai Songkhla Thailand Selatan? 2) Bagaimana pengembangan budaya disiplin peserta didik dalam bidang ekstrakurikuler di Prathom Thayaiwittaya School Khuang Lang Hatyai Songkhla Thailand Selatan? 3) Bagaimana pengembangan budaya disiplin peserta didik dalam tata tertib sekolah di Prathom Thayaiwittaya School Khuang Lang Hatyai Songkhla Thailand Selatan?. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pengembangan budaya disiplin peserta didik dalam bidang keagamaan, ekstrakurikuler, dan tata tertib sekolah di Prathom Thayaiwittaya School Khuang Lang Hatyai Songkhla Thailand Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus dengan lokasi di Prathom Thayaiwittaya School Khuang Lang Hatyai Songkhla Thailand Selatan. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data meliputi keikutsertaan dan ketekunan pengamatan, triangulasi, pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah memberikan teladan kepada peserta didik dengan menjalankan shalat Zuhur dan Ashar berjamaah bersama, memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan keterampilan dan melatih disiplin, memberikan wejangan, melaksanakan piket kelas, memberikan motivasi yang diselipkan dalam setiap kali kesempatan, dan memberikan peringatan atau hukuman.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143252 RITA PUSVITASARI |
Date Deposited: | 30 Nov 2018 02:26 |
Last Modified: | 30 Nov 2018 02:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9272 |
Actions (login required)
View Item |