DAWAM ISNAINI, 1742143054 (2018) IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM PADA INDUSTRI BATIK TULIS USAHA DAGANG TIEPOEK DAN USAHA DAGANG SETYA JAYA KARANGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (424kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (210kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (326kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (57kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Bauran Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Bisnis ditinjau dari Etika Bisnis Islam pada Industri Batik Tulis UD Tiepoek dan UD Setya Jaya Karangan Trenggalek” ini ditulis oleh Dawam Isnaini, NIM 1742143054, dosen pembimbing Dr. Agus Eko Sujianto, S.E,.MM. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena semakin meningkatnya kegiatan perindustrian, sehingga menimbulkan persaingan bisnis yang sangat ketat, bahkan dalam memenangkan persaingan, pelaku usaha bisa menghalalkan segala cara termasuk cara yang haram. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus menerapkan implementasi bauran pemasaran dalam menghadapi persaingan bisnis. Dalam hal ini peneliti melakukan penelitian “Implementasi Bauran Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Bisnis ditinjau dari Etika Bisnis Islam pada Industri Batik Tulis UD Tiepoek dan UD Setya Jaya Karangan Trenggalek”. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan implementasi bauran pemasaran dalam menghadapi persaingan bisnis pada industri batik tulis UD Tiepoek dan UD Setya Jaya Karangan Trenggalek. (2) Untuk menjelaskan apakah implementasi bauran pemasaran dalam menghadapi persaingan bisnis pada industri batik tulis UD Tiepoek dan UD Setya Jaya Karangan Trenggalek sesuai dengan etika bisnis Islam. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dalam bentuk kata-kata atau ucapan lisan. (3) Untuk menjelaskan persoalan yang terjadi dalam bauran pemasaran UD Tiepoek dan UD Setya Jaya serta solusi yang dilakukan dalam mengatasi persoalan tersebut Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian study kasus. Teknik dalam pengambilan data menggunakan purposive sampling dan sumber data berupa data primer. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara tersetruktur dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data interactive model. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Implementasi bauran pemasaran dalam menghadapi persaingan bisnis pada industri batik tulis UD Tiepoek dan UD Setya Jaya, dengan menerapkan bauran pemasaran 7P, yaitu strategi produk (product), strategi harga (price), strategi promosi (promotion),strategi orang (people), strategi proses (precess), strategi bukti fisik (physical evidence). (2) Dalam menghadapi persaingan bisnis UD Tiepoek dan UD Setya Jaya telah berpegang teguh pada prinsip kejujuran, keadilan, tabligh (komunikatif), amanah dan fathonah (profesional). (3) Kendala yang dihadapi UD Tiepoek dan UD Setya Jaya yaitu keterlambatan waktu penyelesaian. Adapun solusi yang diberikan seperti memberikan pengarahan kepada konsumen dan memberikan garansi kepada konsumen. Kata kunci : Bauran Pemasaran, Persaingan Bisnis, Etika Bisnis Islam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 1742143054 DAWAM ISNAINI |
Date Deposited: | 07 Sep 2018 07:38 |
Last Modified: | 07 Sep 2018 07:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9283 |
Actions (login required)
View Item |