UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 BLITAR

ERVA WAHYU RULI KURNIA, 1725143085 (2018) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Blitar” ini disusun oleh Erva Wahyu Ruli Kurnia. NIM. 1725143085. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Drs. H.Timbul M. Pd. I Kata Kunci : Upaya Guru, Efektivitas Belajar Penelitian ini dilatar belakangi dengan keingintahuan peneliti akan bagaimana upaya atau cara dari guru MIN 3 Blitar dalam meningkatkan efektivitas belajar di tengah gelar dari MIN 3 Blitar sebagai madrasah islami terakreditasi A dan memiliki banyak siswa yang berprestasi di bidang akademik maupun non akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Blitar dalam meningkatkan efektivitas belajar peserta didiknya, mendeskripsikan faktor pendukung dalam meningkatkan efektivitas belajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Blitar serta mendeskripsikan faktor penghambat dalam meningkatkan efektivitas belajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Blitar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Blitar. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sumber data utama adalah dari pernyataan kepala sekolah, guru dan personalia sekolah secara umum sedangkan data sekunder didapatkan dari dokumen sekolah berupa data tertulis dan foto-foto yang menyangkut aktivitas dan sarana pra sarana di sekolah tersebut. Untuk memperoleh keabsahan data, digunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, pemeriksaan sejawat, serta memperpanjang keikutsertaan dalam penelitian. Hasil penelitian ini adalah (1) upaya guru dalam meningkatkan efektivitas belajar yaitu dengan mengefektifkan tempat duduk, mengoptimalkan papan tulis, memanfaatkan LCD dan perpustakaan mini di kelas, mengembangkan model pembelajaran misalnya dengan permainan, menggunakan metode drill, melakukan kegiatan berkelompok, pemberian motivasi dan menggunakan pendekatan religius. (2) Faktor pendukung dalam meningkatkan efektivitas belajar adalah dengan adanya LCD sebagai media dalam mengajar, tingkat inteligensi siswa pada kelas unggulan, dan keikutsertaan siswa dalam bimbingan belajar. (3) Faktor penghambat dalam meningkatkan efektivitas belajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Blitar adalah faktor kesulitan membaca dan menulis untuk kelas rendah, adanya siswa dengan inteligensi yang kurang, pergaulan siswa yang terkadang terlepas dari pengawasan orang tua, adanya kekangan dari keluarga, kelas yang kurang luas, peletakan LCD dan perpustakaan mini yang belum merata ke seluruh kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143085 ERVA WAHYU RULI KURNIA
Date Deposited: 07 Sep 2018 08:49
Last Modified: 07 Sep 2018 08:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9287

Actions (login required)

View Item View Item