HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MATA PELAJARAN MATEMATIKA MIN 5 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

DEWAN PUTRA DARMAWAN, 1725143058 (2018) HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MATA PELAJARAN MATEMATIKA MIN 5 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Metode Pembelajaran Discovery Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Mata Pelajaran Matematika MIN 5 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Dewan Putra Darmawan, pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Metode Discovery, Motivasi, Hasil belajar, Pengumpulan dan Penyajian Data Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena siswa mengenai metode pembelajaran yang masih konvensional yang menjadikan siswa kurang aktif dan hasil belajarnya rendah. Dalam hal ini peneliti ingin meneliti masalah metode pembelajaran dengan motivasi dan hasil belajar matematika di MIN 5 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana hubungan penggunaan metode pembelajaran discovery terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V mata pelajaran matematika MIN 5 Tulungagung ? (2) Bagaimana hubungan penggunaan metode pembelajaran discovery terhadap hasil belajar peserta didik kelas V mata pelajaran matematika MIN 5 Tulungagung ? (3) Bagaimana hubungan penggunaan metode pembelajaran discovery terhadap motivasi dan hasil belajar Peserta Didik Kelas V mata pelajaran matematika MIN 5 Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hubungan penggunaan metode pembelajaran discovery terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V mata pelajaran matematika MIN 5 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui hubungan penggunaan metode pembelajaran Discovery terhadap hasil belajar peserta didik kelas V mata pelajaran matematika MIN 5 Tulungagung (3) Untuk mengetahui hubungan penggunaan metode pembelajaran discovery terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V mata pelajaran matematika MIN 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Data siswa diperoleh dari data semester II tahun ajaran 2017/2018. Populasi yang diambil dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas V MIN 5 Tulungagung yang berjumlah 62 siswa dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas V-B di yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada hubungan penggunaan Metode Pembelajaran Discovery Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V Mata Pelajaran Matematika MIN 5 Tulungagung. Hal ini dibuktikan denganUji korelasi dengan taraf signifikansi 5% sebesar 0,349 diperoleh rhasil adalah 0,361 sehingga probabilitas 0,361 > 0,349. (2) Ada hubungan penggunaan Metode Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Mata Pelajaran Matematika MIN 5 Tulungagung. Hal ini dibuktikan denganUji korelasi dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,349 diperoleh rhasil adalah 0,468 sehingga probabilitas 0,468 > 0,349 (3) Ada hubungan penggunaan Metode Pembelajaran Discovery Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Mata Pelajaran Matematika MIN 5 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan Ujikorelasi dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,349 diperoleh rhasil adalah 0,405 sehingga probabilitas 0,405 > 0,349. Dengan demikian, semua pengujian menunjukkan Ho ditolak Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan penggunaan metode pembelajaran Discovery terhadap motivasi dan hasil belajar Peserta Didik Kelas V Mata Pelajaran Matematika MIN 5 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143058 DEWAN PUTRA DARMAWAN
Date Deposited: 17 Sep 2018 03:29
Last Modified: 17 Sep 2018 03:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9389

Actions (login required)

View Item View Item