PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA DI MIN 6 TULUNGAGUNG

NURFITRIA DWI FEBRIANA, 1725143228 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA DI MIN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (925kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Video Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa di MIN 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Nurfitria Dwi Febriana, NIM 1725143228. Kata Kunci : Media Video, Keaktifan, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Peserta didik seringkali beranggapan bahwa pembelajaran Aqidah Akhlak hanya teori. Penyampaian materi pembelajaran secara konvensional kurang menguatkan pada diri peserta didik bawasannya Aqidah Akhlak adalah mempelajari sikap dan perilaku dalam kehidupan seharihari agar menjadi insan yang lebih berakhlakul karimah. Dari latar belakang ini peneliti menggunakan media video untuk lebih menguatkan pembelajaran kepada peserta didik. Penelitian dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media video berbasis pendidikan karakter terhadap keaktifan belajar Aqidah Akhlak siswa di MIN 6 Tulungagung, 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media video berbasis pendidikan karakter terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak siswa di MIN 6 Tulungagung, 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media video berbasis pendidikan karakter terhadap keaktifan dan hasil belajar Aqidah Akhlak siswa di MIN 6 Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode quasi eksperimen (eksperimen semu). Adapun metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas II di MIN 6 Tulungagung. Sampel penelitian yang pertama berjumlah 24 siswa untuk kelas eksperimen dengan menggunakan media video berbasis pendidikan karakter. Sampel yang kedua berjumlah 22 siswa untuk kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah. Teknik analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji T-Test dan Uji Anova 2 Jalur (MANOVA). Setelah dilaksanakan penggujian, hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada pengaruh penggunaan media video berbasis pendidikan karakter terhadap keaktifan belajar Aqidah Akhlak siswa di MIN 6 Tulungagung yang ditunjukkan dengan nilai observasi kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol (534 > 455). Ada pengaruh penggunaan media video berbasis pendidikan karakter terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak siswa di MIN 6 Tulungagung yang ditunjukkan dari

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143228 NURFITRIA DWI FEBRIANA
Date Deposited: 17 Sep 2018 04:27
Last Modified: 17 Sep 2018 04:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9390

Actions (login required)

View Item View Item