UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2017/2018

FRENSISKA AHMAD ZIN, 1721143152 (2018) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Frensiska Ahmad Zin, NIM.1721143152, Pembimbing Drs. H. Muh. Kharis, M.Pd. Kata Kunci: Upaya Guru, Kesulitan Belajar, Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam proses pembelajaran di sekolah, setiap guru senantiasa mengharapkan agar siswanya dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Namun pada kenyataannya masih terdapat beberapa siswa di SMPN 2 Sumbergempol yang mengalami berbagai hambatan dan kesulitan belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yang diantaranya adalah kesulitan konsentrasi dalam belajar, kesulitan lupa dalam belajar, dan kesulitan jenuh dalam belajar. Untuk itu, guru harus melakukan upaya dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa tersebut. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan konsentrasi yang dialami siswa dalam belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Sumbergempol? (2) Bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan lupa yang dialami siswa dalam belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Sumbergempol? (3) Bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan jenuh yang dialami siswa dalam belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Sumbergempol? Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan konsentrasi yang dialami siswa dalam belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Sumbergempol. (2) Untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan lupa yang dialami siswa dalam belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Sumbergempol. (3) Untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan jenuh yang dialami siswa dalam belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajekan pengamatan, triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi metode), dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan konsentrasi yang dialami siswa dalam belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Sumbergempol adalah dengan menciptakan suasana belajar yang kondusif, memberikan motivasi, danmelakukan pendekatan individual. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan lupa yang dialami siswa dalam belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Sumbergempol adalah dengan mengulangi materi pelajaran, dan memberikan latihan atau tugas. Upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan jenuh yang dialami siswa dalam belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Sumbergempol adalah dengan menggunakan variasi metode, menggunakan media pembelajaran, dan menggunakan selingan humor.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143152 FRENSISKA AHMAD ZIN
Date Deposited: 18 Sep 2018 02:46
Last Modified: 18 Sep 2018 02:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9391

Actions (login required)

View Item View Item