Mahendra, Diyan (2014) Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Pembelajaran PAI Di MTsN Tulungagung Kelas VII Tahun Pelajaran 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
Sampul Dalam Lengkap.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (112kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Upaya Guru PAI, Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi bahwasanya desakan dan tuntunan untuk menghasilkan pendidikan yang berkualitas terus didengungkan. Semakin meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan membuka mata kita bahwa pendidikan tidak hanya dapat dimaknai sebagai sekolahan. Ia membutuhkan pengertian secara luas, bermakna, dan memberi faedah bagi terbentuknya tatanan masyarakat yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berkarakter luhur. Sebagai pengajar atau pendidik, guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap upaya pendidikan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya Guru PAI dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTsN Tulungagung? (2) Faktor-faktor apa yang mempengaruhi upaya guru PAI dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTsN Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana upaya Guru PAI dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTsN Tulungagung. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi upaya guru PAI dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Skripsi ini bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, hasil penelitian dapat dijadikan bahan untuk memperkaya khazanah yang berkaitan dengan bagaimana menjadi guru profesional dalam kaitannya dengan pembelajaran PAI di kelas. Bagi lembaga yaitu MTsN Tulungagung, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan umpan balik dalam upaya madrasah meningkatkan efektifitas pembelajaran PAI demi meningkatnya kualitas pembelajarannya. Bagi para pimpinan lembaga pendidikan, penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan yang bermanfaat untuk mendorong kualitas pembelajaran PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan kemudian untuk menguji keabsahan data melakukan teknik trianggulasi, perpanjangan keikutsertaan, dan ketekunan atau keajekan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selama ini efektifitas dalam pembelajaran PAI sudah menunjukkan perbaikan. Guru sudah melakukan pembelajaran yang efektif dimana kegiatan pembelajaran tidak terpaku pada guru tetapi, juga melibatkan peran aktif siswa, namun perlu ditingkatkan. Dalam kaitannya dengan upaya guru PAI dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran PAI MTsN Tulungagung termasuk dalam kategori baik artinya ada peningkatan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 23 Oct 2014 02:57 |
Last Modified: | 23 Oct 2014 02:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/94 |
Actions (login required)
View Item |