Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Materi Bangun Datar (Persegi Panjang dan Persegi) di MTs Negeri 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018

Miftaqul Huda, 2814133114 (2018) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Materi Bangun Datar (Persegi Panjang dan Persegi) di MTs Negeri 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (440kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Materi Pokok Bangun Datar (Persegi panjang dan Persegi) di MTsN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017 - 2018” ini ditulis oleh Miftaqul Huda dibimbing oleh Bapak Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Model PBL, Hasil belajar dan Bangun Datar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya Hasil belajar siswa karena sebagian besar guru mengajar dengan menggunakan metode mengajar konvensional atau tradisional. Dalam hal ini peneliti menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika Materi Pokok bangun datar ( persegi panjang dan persegi) menghitung keliling dan luas pada siswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika Materi Pokok bangun datar (persegi panjang dan persegi) menghitung keliling dan luas pada siswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) untuk mengetahui pengaruh dari suatu variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung yang berjumlah 245 siswa. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, dengan kelas VII C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII D sebagai kelompok kontrol. Teknik dan Instrumen pengumpulan data: 1) Tes; 2) Dokumentasi. Instrumen penelitian Tes digunakan untuk memperoleh nilai prestasi hasil belajar siswa pada materi Bangun Datar. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui data tentang siswa,guru,tempat penelitian, dan foto-foto penelitian. Setelah peneliti melakukan penelitian kemudian dilanjutkan dengan menganalisis data dengan menggunakan uji T-test dan rumus cohen’s. Sebelum melakukan analisis menggunakan rumus diatas terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yakni normalitas dan homogenitas. Setelah dilakukan uji T-test diperoleh perhitungan dengan signifikasi 5% 〖=t_tabel 2,001≤t〗_(hitung )=8,065 sehingga kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika pada materi Bangun Datar siswa kelas VII. Berdasarkan perhitungan rumus Cohen’s tersebut, dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh penggunaan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Bangun Datar kelas VII MTsN 1 Tulungagung adalah sebesar 2,18, yang artinya besar pengaruhnya cukup tinggi pada hasil belajar matematika pada materi Bangun Datar siswa kelas VII.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133114 Miftaqul Huda
Date Deposited: 19 Sep 2018 07:14
Last Modified: 19 Sep 2018 07:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9427

Actions (login required)

View Item View Item