UPAYA GURU AQIDAH AKHLAQ DALAM MEMBUDAYAKAN PERILAKU RELIGIUS SISWA DI MIN 4 TULUNGAGUNG

NADYA INDAH KUSUMA WIJAYA, 1725143195 (2018) UPAYA GURU AQIDAH AKHLAQ DALAM MEMBUDAYAKAN PERILAKU RELIGIUS SISWA DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (923kB)

Abstract

xiv ABSTRAK Nadya Indah Kusuma Wijya, 1725143195, 2018„„Upaya Guru Akidah Aklaq dalam Membudayakan Perilaku Religius siswa di MIN 4 Tulungagung“. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Muhamad Zaini, MA Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh pentingnya peran besar guru Aqidah Akhlak di bandingkan dengan guru-guru lainnya dalam mewujudkan budaya religious di MIN 4 Tulungagung. Ketertarikan peneliti terhadap Guru Aqidah Akhlak tersebut karena melihat antara pelajaran yang ada di Aqidah Akhlak sinergi dengan budaya perilaku religius sendiri di sekolah, sehingga pelibatan Guru Aqidah Akhlak pun akan sangat mempunyai daya yang besar di dalamnya, dari situ peneliti memfokuskan dalam tiga fokus masalah. Fokus masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya Guru Aqidah Akhlak dalam membudayakan perilaku religious dari nilai kejujuran siswa di MIN 4,Tulungagung?. 2)Bagaimana upaya Guru Aqidah Akhlak dalam membudayakan perilaku religious dari nilai sikap rendah hati siswa MIN 4,Tulungagung? 3) Bagaimana upaya Guru Aqidah Akhlak dalam membudayakan perilaku religious dari nilai kedisiplinan siswa di MIN 4, Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini 1) Untuk mengetahui Upaya pembudayaan perilaku Religius dari nilai kejujuran siswa di MIN 4 Tulungagung.oleh guru Aqidah Akhlak. 2) Untuk mengetahui Upaya pembudayaan perilaku religious dari nilai rendah hati siswa di MIN 4, Tulungagung. Oleh guru Aqidah Akhlak. 3) Untuk mengetahui Upaya pembudayaan perilaku religious dari nilai kedisiplinan siswa di MIN 4 , Tulungagung oleh guru Aqidah Akhlak. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi di MIN 4 Tulungagung, mengoptimalkan kehadiran peneliti dalam penggalian datanya, data yang di gali berdasarkan dua sumber: (1) data primer dan (2) data sekunder kemudian untuk tehnik yang di gunakan dalam pengumpulan data yaitu :(1) observasi (2) xv wawancara (3) dokumentasi. Kemudian menggunakan Teknik analisa data dengan (1) Reduksi Data (2) Penyajian Data (3) Verification/ Penarikan Kesimpulan. Juga menggunakan tehnik pengecekan keabsahan data (1) Keterpercayaan (Credibility) (2) (Transferability) (3) Kebergantungan (Dependability) (4) Kepastian. Hasil dari penelitian tersebut di temukan beberapa Upaya Guru Aqidah Akhlak dalam membudayakan perilaku religious di Madrasah Ibtidaiyah Negeri sebagai berikut: 1) Dalam membudayakan perilaku religious dari nilai kejujuran upaya yang di lakukan oleh guru dalam hal ini yaitu Guru Aqidah Akhlaq dengan memberikan motivasi kepada siswa dengan cara memasang tulisan-tulisan slogan yang di pasang di tembok, kemudian memberikan cerita-cerita yang bisa di ambil hikmahnya untuk kejujuran, guru Aqidah Akhlaq memberi contoh kepada siswa untuk berperilaku jujur, guru Aqidah Akhlaq bersikap sabar saat siswa datang terlambat agar sispwa jujur mengakui kesalahan. 2) Dalam membudayakan perilaku Religius Siswa dari Nilai Rendah Hati Guru Aqidah Akhlaq melakukan Upaya sebagai berikut: Guru Aqidah Akhlaq memberikan Contoh kepada Siswa untuk berperilaku dengan 5S(senyum, salam, sapa, sopan, santun), kemudian dari materi Aqidah Akhlaq yang ada di kelas oleh Guru Aqidah Akhlaq di buat se menarik mungkin sehingga dapat memberikan semangat belajar kepada siswa sehingga nilai rendah hati akan mudah tertanam pada diri siswa. 3) Dalam membudayakan perilaku religious Siswa dari nilai kedisiplinan upaya yang di lakukan oleh guru dalam hal ini adalah : Guru Aqidah Akhlaq memberikan contoh untuk datang ke sekolah tepat waktu, Guru Aqidah Akhlaq berperan aktif untuk menertibkan siswa dalam sholat berjamaah, Guru Aqidah Akhlaq selalu melakukan penertiban terhadap atribut lengkap siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143195 NADYA INDAH KUSUMA WIJAYA
Date Deposited: 21 Sep 2018 03:41
Last Modified: 21 Sep 2018 03:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9457

Actions (login required)

View Item View Item