Umah, Dian Hidayatul (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
BAB I.docx Download (43kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (212kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (80kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (229kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (22kB) |
|
Text
Daftar Rujukan.docx Download (30kB) |
|
Text
Bagian Awal Dian.docx Download (121kB) |
|
Text
cover.docx Download (86kB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa Dalam proses pembelajaran IPA, siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berfikirnya. Proses pembelajaran di kelas kebanyakan di arahkan pada kemampuan siswa untuk menghafal informasi, otak anak dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa dituntut untuk memahami dan menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran yang seperti itu akan membuat siswa cepat bosan dan tidak memperhatikan pelajaran, sehingga pelajaran yang disampaikan oleh guru menjadi tidak efektif dan hasil belajar mata pelajaran IPA siswa di Madrasah Ibtidaiyah Podorejo Sumbergempol Tulungagung relatif rendah. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam bagi siswa kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung ? (2) Bagaimana Peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam pada siswa kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam pada siswa kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. (2) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam pada siswa kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung Skripsi ini bermanfaat bagi guru dapat digunakan untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar IPA di kelas sehingga dapat mencapai hasil belajar dan tujuan yang diharapkan. Bagi orang tua diharapkan dapat memberikan motivasi pada putra putrinya sehingga dapat menciptakan semangat belajar untuk meningkatkan hasil belajar IPA anaknya. Bagi siswa adalah untuk informasi agar siswa lebih menyadari tentang potensi yang dimiliki dan pentingnya kebiasaan belajar yang baik sehingga akan mendukung dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Bagi sekolah adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung sehingga dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki siswa. Bagi peneliti lain adalah sebagai upaya memperdalam pengetahuan di bidang pendidikan dan sebagai bahan acuan untuk mengadakan penelitian serupa yang lebih lanjut. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Observasi ini digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa (aspek afektif) dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Wawancara digunakan untuk memperoleh informasi tentang data-data yang diperlukan. Tes digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran siswa serta hasil belajarnya. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data terkait tugas-tugas atau karya siswa. Sedangkan catatan lapangan digunakan untuk mencatatat aktifitas siswa selama proses pembelajaran. Setelah penulis mengadakan penelitian tindakan kelas ini, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam pada siswa kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan meningkatkan hasil belajar siswa yang semula nilai rata-rata tes awalnya 63,70 dan pada tes akhir siklus I menjadi 79,9 dan pada siklus II menjadi 86,66. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar adalah 88%, yang berarti bahwa persentase ketuntasan belajar siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan, yaitu 75%. Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 28 Jan 2015 08:13 |
Last Modified: | 28 Jan 2015 08:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/946 |
Actions (login required)
View Item |