LILIS HIKMAWATI, 1725143157 (2018) PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (697kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (240kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (174kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (364kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (432kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (606kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Lilis Hikmawati, 1725143157, Pengaruh Metode Inkuiri terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata Kunci: Metode Inkuiri, Sikap Ilmiah, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya hasil belajar yang kurang, karena siswa secara mandiri masih belum bisa mengembangkan gaya belajarnya sendiri dan rasa ingin tahu yang kurang dalam pembelajaran menunjukkan masih rendahnya sikap ilmiah dalam diri siswa. Siswa sebenarnya sudah aktif dalam proses pembelajaran di kelas, hanya saja keaktifan siswa ini hanya beberapa saja. Sikap berpikir kritis dan rasa keingintahuan siswa umumnya masih sangat kurang dan sikap ketergantungan siswa dengan guru juga masih besar. Sehingga peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Apakah ada pengaruh metode inkuiri terhadap sikap ilmiah?, (2) Apakah ada pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar?, (3) Apakah ada pengaruh metode inkuiri terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar siswa di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh metode inkuiri terhadap sikap ilmiah, (2) Untuk menjelaskan pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar, (3) Untuk menjelaskan pengaruh metode inkuiri terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar siswa di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling, yaitu boring sampling atau sampling jenuh. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas V-A dan V-B SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji T Test dan Uji Manova, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji t angket sikap ilmiah diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig.< 0,05 maka ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh metode inkuiri terhadap sikap ilmiah siswa di SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung, (2) Hasil uji t post test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,001. Nilai Sig. < 0,05 maka ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas V materi perubahan wujud benda, (3) Hasil uji manova angket sikap ilmiah dan post test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. 0,000 < 0,05 maka ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh pengaruh metode inkuiri terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar siswa di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143157 LILIS HIKMAWATI |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 07:23 |
Last Modified: | 21 Sep 2018 07:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9460 |
Actions (login required)
View Item |