ANNISSA TRI HANDAYANI, 1725143027 (2018) PROFESIONALISME GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PADA SISWA DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (838kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (171kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Profesionalisme Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis pada Siswa di MIN 3 Tulungagung“ ini ditulis oleh Annissa Tri Handayani, NIM. 1725143027, pembimbing Mirna Wahyu Agustina. M.Psi. Kata Kunci: Profesionalisme Guru, Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Proses kegiatan belajar, semua guru mengharapkan agar siswanya dapat mencapai hasil belajar yang maksimal, tetapi faktanya masih ada siswa yang mempunyai kesulitan belajar membaca dan menulis yang di dasari oleh kurangnya motivasi dalam diri siswa untuk berusaha agar bisa membaca dan menulis, siswa tidak dapat menguasai materi dengan baik, serta kurangnya motivasi, dan perhatian dari orangtua sehingga siswa mengalami kesulitan belajar membaca dan menulis. untuk itu upaya yang dilakukan oleh guru sangat diperlukan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Profesionalisme Guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis di MIN 3 Tulungagung?, 2) Bagaimana Faktor Pendukung Profesionalisme guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis di MIN 3 Tulungagung?, 3) Bagaimana Faktor penghambat Profesionalisme guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis di MIN 3 Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profesionalisme guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis, faktor pendukung dan faktor penghambat profesionalisme guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis. Penelitian ini menggunakan penelitian deskripstif Kualitatif, lokasi penelitian di MIN 3 Tulungagung mengoptimalkan kehadiran peneliti. Sumber data yang akan diperoleh Kepala Madrasah, guru kelas, guru les khusus, dan siswa di MIN 3 Tulungagung. Kemudian teknik pengumpulan data: (1) Observasi Partisipan, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Kemudian menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu: Pertama Profesionalisme guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis pada siswa di MIN 3 Tulungagung yaitu program mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis, menggunakan metode yang bervariatif, metode CALISTUNG, diagnosis, pemberian Reward. Kedua Faktor pendukung profesionalisme guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis pada siswa di MIN 3 Tulungagung yaitu Sarana dan Prasarana yang baik, ketelatenan guru, motivasi orangtua dan guru, media pembelajaran, kepala madrasah peduli terhadap siswa. Ketiga Faktor penghambat profesionalisme guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis pada siswa di MIN 3 Tulungagung yaitu kurang aktifnya siswa di kelas, konsentrasi siswa kurang baik, kurang motivasi dari orangtua, kondisi kelas darurat, tidak adanya motivasi dari dalam diri anak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143027 ANNISSA TRI HANDAYANI |
Date Deposited: | 12 Mar 2019 06:29 |
Last Modified: | 12 Mar 2019 06:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9491 |
Actions (login required)
View Item |