STRATEGI GURU UNTUK MENANAMKAN NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 7 TULUNGAGUNG

FAIZUD DAROINI, 1725143094 (2018) STRATEGI GURU UNTUK MENANAMKAN NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (643kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (352kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru untuk Menanamkan Nilai Karakter Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Tulungagung”, ini ditulis oleh Faizud Daroini, NIM 1725143094, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Nilai Pendidikan Karakter Penelitian ini di latar belakangi oleh kenyataan bahwa penerapan pendidikan karakter kini sudah mulai dicanangkan oleh berbagai lembaga pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga menengah. Maka dari itu perlu diteliti mengenai keberhasilan pada pelaksanaan penerapan pendidikan karakter tersebut. Guru memiliki kedudukan khusus dalam langkah penanaman nilai-nilai ini untuk menciptakan generasi penerus yang berakhalak mulia, guru dipercaya mampu memberikan kontribusi pada masyarakat. Dalam pembelajaran di kelas, guru berhadapan dengan sejumlah siswa yang semuanya ingin diperhatikan. Peserta didik akan berkembang secara optimal melalui perhatian guru yang positif, sebaliknya perhatian yang negatif akan menghambat perkembangan peserta didik. Fokus dari penelitian ini, meliputi: (1) Bagaimana formulasi strategi guru untuk menanamkan nilai karakter peserta didik di MIN 7 Tulungagung, (2) Bagaimana implementasi strategi guru untuk menanamkan nilai karakter peserta didik di MIN 7 Tulungagung, (3) Bagaimana implikasi strategi guru untuk menanamkan nilai karakter peserta didik di MIN 7 Tulungagung. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan tentang strategi guru untuk menanamkan nilai karakter mulai dari formulasi, implementasi, dan implikasinya bagi peserta didik di MIN 7 Tulunagagung. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 7 Tulungagung. Jenis Penelitan ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data primer, dan sekunder. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mendapatkan data yang dapat dipertanggung jawabkan keabsahannya maka digunakan triangulasi teknik., triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian di MIN 7 Tulungagung peneliti menyimpulkan bahwa: (1) pada formulasi strategi untuk menanamkan nilai karakter memanfaatkan SDM dan sarana prasarana sebagai kekuatan. Sedangkan animo masyarakat yang begitu besar untuk menyekolahkan anaknya di MIN 7 Tulungagung dan persaingan ketat antar sekolah dijadikan sebagi peluang untuk mewujudkan visi misi madrasah melalui penanaman nilai karakter terhadap peserta didik. (2) pada implementasi strategi, guru menanamkan nilai karakter melalui strategi yang sudah ditetapkan yakni strategi integrasi nilai kedalam pembelajaran,dan strategi integrasi nilai karakter diluar pembelajaran yang meliputi pembiasaan dan keteladanan. (3) pada implikasi strategi guru untuk menanamkan nilai karakter terlihat dengan adanya perubahan sikap dan tingkah laku peserta didik seperti tidak terlambat ke sekolah, lebih tertib sholatnya, dan timbulnya kesadaran dalam diri siswa untuk melakukan pembiasaan yang ada disekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143094 FAIZUD DAROINI
Date Deposited: 27 Sep 2018 07:08
Last Modified: 27 Sep 2018 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9492

Actions (login required)

View Item View Item