PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

PURKI SUCI MASITOH, 1725143235 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (238kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Purki Suci Masitoh, 1725143235, 2018, “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN Tunggangri, Kec. Kalidawir, Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegurua, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. Sokip, M.Pd.I Kata Kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Pendekatan Saintifik, Minat Belajar dan Hasil Belajar Pada dasarnya setiap individu sejak kecil telah memiliki kemampuan untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Pengetahuan yang dikonstruksi oleh anak sebagai subjek, maka akan menjadi pengetahuan yang bermakna, sedangkan pengetahuan yang hanya diperoleh melalui proses pemberitahuan tidak akan menjadi pengetahuan yang bermakna. Pengetahuan tersebut hanya untuk diingat sementara setelah itu dilupakan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya nilai postest dan rendahnya keaktifan, kemandirian siswa, dan rasa percaya diri siswa. Peneliti menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan saintifik yang terdiri dari 5 tahapan pembelajaran sehingga siswa dapat berkreasi selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) pengaruh model Discovery Learning dengan pendekatan saintifik terhadap minat belajar; b) pengaruh model Discovery Learning dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar c) pengaruh model Discovery Learning dengan pendekatan saintifik terhadap minat dan hasil belajar Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian true eksperimen dengan Postest-only Control Group Desaign. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB sebagai kelas kontrol dan VA sebagai kelas eksperimen di MIN Tunggangri Kalidawir. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Tes berfungsi untuk mengukur hasil belajar siswa, sedangkan angket digunakan untuk mengukur kemampuan dan minat siswa. Dimana keduanya akan diuji MANOVA (Multivariate of Varians) Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan saintifik terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas V MIN Tunggangri Kalidawir Tahun Ajaran 2017/2018. Uji Manova yang diperoleh menunjukkan nilai signifikansi 0,0000 < 0,05 sehingga ada pengaruh yang signifikan model Discovery Learning dengan pendekatan saintifik terhadap minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143235 PURKI SUCI MASITOH
Date Deposited: 01 Oct 2018 06:19
Last Modified: 01 Oct 2018 06:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9530

Actions (login required)

View Item View Item