PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 6 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

EKA JUAN IMANSARI, 1724143086 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 6 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif pada Materi Bangun Datar Segi Empat Siswa Kelas VII di MTs Negeri 6 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Eka Juan Imansari, NIM. 1724143086, dibimbing oleh Musrikah, S.Pd.I M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Kemampuan Berfikir Kreatif. Penelitian dalam skripsi ini mengacu pada salah satu tujuan pembelajaran matematika yaitu mengembangkan kemampuan berfikir kreatif. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan suatu pembelajaran yang bisa mengembangkan kemampuan berfikir kreatif. Salah satu pembelajaran yang dianggap bisa mengembangkan kemampuan berfikir kreatif adalah model pembelajaran Reciprocal Teaching. Model pembelajaran reciprocal teaching dapat membantu siswa untuk berfikir kreatif dalam memecahkan masalah, serta membantu siswa untuk menunjukkan potensi-potensi kemampuan yang dimilikinya termasuk kemampuan berfikir kreatif. Dengan kreativitas yang dimiliki siswa, siswa mampu menggali potensi dalam berdaya cipta, menemukan gagasan serta menemukan pemecahan masalah atas masalah yang dihadapinya yang melibatkan proses berfikir. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui pegaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan berfikir kreatif pada materi bangu datar segi empat siswa kela VII di MTs Negeri 6 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018, 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan berfikir kreatif pada materi bangun datar segi empat siswa kela VII di MTs Negeri 6 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII D dan siswa kela VII E, dengan sampel berjumlah 76 siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data sejarah sekolah, profil sekolah, daftar nama siswa yang akan digunakan sebagai sampel, nilai UAS kelas VII semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil kemampuan berfikir kreatif siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data disimpulkan bahwa: 1) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan berfikir kreatif pada materi bangun datar segi empat siswa kelas VII di MTs Negeri 6 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil post-test siswa kelas eksperimen (VII D) lebih besar dari pada siswa kelas kontrol (VII E). Hasil perhitungan uji t diperoleh bahwa nilai t hitung (7,234) > ttabel (1,992) dengan db = 74 pada taraf signifikan 5%, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. 2) model pembelajaran reciprocal teaching berpengaruh besar terhadap kemampuan berfikir kreatif pada materi bangun datar segi empat siswa kelas VII di MTs Negeri 6 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018 yaitu sebesar 95,5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143086 EKA JUAN IMANSARI
Date Deposited: 28 Sep 2018 06:11
Last Modified: 28 Sep 2018 06:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9545

Actions (login required)

View Item View Item