PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 7 BLITAR

SITI LAELA NUR AZIZAH, 1725143273 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 7 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di MIN 7 Blitar” ini ditulis oleh Siti Laela Nur Azizah, NIM. 1725143273, Pembimbing Susanto, M.Or Kata Kunci: Quantum Teaching, Motivasi, Hasil Belajar. Sejarah Kebudayaan Islam studi tentang riwayat hidup Rosulullah saw, sahabat-sahat dan imam-imam pemberi contoh teladan yang utama bagi tingkah laku manusia yang ideal dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran SKI menurut mayoritas siswa dirasa masih sulit. Hal itu dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya: kurang motivasi belajar siswa, sulit mengemukakan pendapat, siswa sering berbicara saat proses pembelajaran, kurang percaya diri, kemampuan mengingat yang lemah, dan hasil belajar yang belum maksimum. Untuk itu seorang guru dituntut untuk menggunakan pembelajaran yang menarik sekaligus menyenangkan diantaranya adalah model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajran Quantum Teaching terhadap motivasi dan hasil belajar SKI siswa. Kajian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Quatum Teaching terhadap motivasi Belajar SKI siswa materi Nabi Muhammad saw. Hijrah ke Yatsrib di MIN 7 Blitar. 2) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar SKI siswa materi Nabi Muhammad saw. Hijrah ke Yatsrib di MIN 7 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitianya adalah Quasi Eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian Noneequivalent Control Group dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitin ini adalah seluruh siswa MIN 7 Blitar yang berjumlah 365 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik Purposive Sampling, dengan kelas IV Sunan Pandanaran sebagai kelas eksperimen dan kelas IV Sunan Gresik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data: 1) wawancara; 2) dokumentasi; 3) angket; 4) tes. Teknik pengumpulan data penelitian berupa angket pretest-posttest untuk mengukur motivasi dan tes berupa pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar. Teknik pengumpulan data penelitian soal sebelum digunakan untuk mengumpulkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian terkumpul kemudian dianalisis, yang digunakan untuk analisis adalah uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap motivasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest angket motivasi siswa kelas eksperimen 82.50, sedangkan nilai rata-rata posttest angket motivasi kelas kontrol sebesar 73.60. Hasil Uji statistik diperoleh thitung sebesar 3.204 dan ttabel sebesar 2.042 sehingga thitung > ttabel. 2) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest hasil belajar kelas eksperimen sebesar 84.50 sedangkan kelas kontrol sebesar 73.50. Hasil Uji statistik diperoleh thitung sebesar 2.610 dan ttabel sebesar 2.042 sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143273 SITI LAELA NUR AZIZAH
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:43
Last Modified: 03 Oct 2018 06:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9554

Actions (login required)

View Item View Item