BISRI MUSTOFA, 17506164018 (2018) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Multisitus di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 3 Tulungagung). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (424kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (351kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (246kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (373kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (261kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (345kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (180kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (135kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “ Implementasi Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (studi Multisitus di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 3 Tulungagung) ” ini ditulis oleh Bisri Mustofa dengan dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. dan Dr. H. Munardji, M.Ag. Kata kunci : kurikulum 2013, mutu pembelajaran pendidikan agama Islam Penelitian ini dilatar belakangi oleh problematika mengenai kurikulum dan Pendidikan agama Islam (PAI). Artinya permasalahan tentang pembelajaran karakter yang tidak menyeluruh, penggunaan pendekatan/strategi/metode yang yang monoton, serta pembelajaran yang bersifat konseptual dan berimplikasi pada mutu pembelajaran PAI. Fokus pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana implementasi “pembelajaran berbasis karakter” dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 3 Tulungagung?, (2) Bagaimana implementasi “pendekatan saintifik” dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 3 Tulungagung?, (3) Bagaimana implementasi “ pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) ” dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 3 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, lokasi penelitiannya di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tulungagung dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tulungagung, sumber datanya didapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis diskriptif situs tunggal dan ganda, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan derajat kepercayaan (credibility) yang meliputi perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan member ceck. Hasil penelitian menyebutkan : (1) Implementasi “pembelajaran berbasis karakter” dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 3 Tulungagung, meliputi ; pengintegrasian nilai etika pada mata pelajaran PAI, internalisasi nilai positif yang ditanamkan oleh semua warga sekolah, pembiasaan dan latihan, pemberian tauladan, penciptaan suasana karakter di sekolah, dan pembudayaan. (2) Implementasi “pendekatan saintifik” dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 3 Tulungagung, meliputi; mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. (3) Implementasi “ pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) ” dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 3 Tulungagung, meliputi; klarifikasi masalah, pengungkapan pendapat, pemilihan dan implementasi, dan evaluasi.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123006 BISRI MUSTOFA |
Date Deposited: | 13 Nov 2018 04:00 |
Last Modified: | 13 Nov 2018 04:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9600 |
Actions (login required)
View Item |