ISNA A’YUNIN NADHIROH, 2823133072 (2018) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUTUSAN PEMBERIAN PEMBIAYAAN IJARAHTERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PADA BMT PETA TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (112kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (262kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (114kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (162kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (33kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pemberian Pembiayaan Ijarah Terhadap Kepuasan Anggota pada BMT PETA Tulungagung” ini ditulis oleh Isna A’yunin Nadhiroh , NIM 2823133072, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dibimbing oleh Ibu Binti Nur Asiyah, M.Si. Baitul Maal Wat Tamwil sebagai lembaga keuangan yang bertugas menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan dengan mekanisme tertentu. Penghimpunan dana dilakukan melalui wadi’ah dan deposito. Penyaluran dana dilakukan dengan pembiayaan mudharabah, musyarakah, murabahah, qardh, dan ijarah. Dewasa ini keanekaragaman latar belakang anggota merupakan salah satu kendala tersendiri secara personal, layaknya setiap individu mempunyai keinginan yang berbeda-beda. Demikian pula pihak BMT perlu membuat sebuah strategi untuk dapat mengoptimalkan kualitas pelayanan supaya setiap anggota pembiayaan ijarah terpenuhi kebutuhan serta kepuasannya. Pembiayaan ijarah merupakan orientasi fungsi Baitul Maal Wat Tamwil sebagai lembaga sosial. Ijarah adalah pembiayaan dengan sistem jual beli yang pembayarannya dilakukan secara angsuran. Kewajiban dalam sistem pembayaran jasa sebesar jumlah harga barang dan keuntungan yang telah disepakati. Dalam pembiayaan ijarah ini terdapat rukun dan syarat yang dipenuhi, yaitu pelaku akad terdiri dari musta’jir (penyewa), mu’jir/muajir (pemilik), lalu objek akad terdiri dari ma’jur (aset yang disewakan) dan ujrah (harga sewa) dan shighah (ijab dan qabul). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota pada BMT PETA Tulungagung, (2) keputusan pemberian pembiayaan ijarah berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota pada BMT PETA Tulungagung, (3) kualitas pelayanan dan keputusan pemberian pembiayaan ijarah berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota pada BMT PETA Tulungagung?. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif dan dengan data primer sebagai sumber data yang diperoleh dari hasil angket. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis uji regresi linier berganda, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas, dan uji hipotesis serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel kualitas pelayanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan anggota, (2) variabel keputusan pemberian pembiayaan ijarah berpengaruh positif dan signifikan, (3) variabel kualitas pelayanan dan variabel keputusan pemberian pembiayaan ijarah secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan anggota. Dimana dengan kualitas pelayanan yang diberikan dan keputusan pemberian pembiayaan ijarah yang diterapkan oleh lembaga dapat memberikan peningkatan terhadap kepuasan anggota yang bertransaksi khususnya pembiayaan ijarah di BMT PETA Tulungagung. Kata kunci : kualitas pelayanan, keputusan pemberian pembiayaan ijarah, kepuasan anggota, Baitul Maal Wat Tamwil.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 2823133072 ISNA A’YUNIN NADHIROH |
Date Deposited: | 09 Oct 2018 06:37 |
Last Modified: | 09 Oct 2018 06:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9615 |
Actions (login required)
View Item |